10 Cara Kreatif Menggunakan Yoga Props

Tak dapat dipungkiri bahwa latihan yoga seringkali dapat berjalan lebih efektif dan maksimal bila kita menggunakan props. Jika saat ini Anda sudah mengoleksi beberapa props namun masih bingung soal cara penggunaannya, maka beberapa tips berikut kiranya dapat memberi pencerahan baru.

 

1. Overhead Shoulder Flossing with Strap

menggunakan yoga props

Usai duduk seharian, sebagian besar dari kita perlu yang namanya stretching. Jika mengangkat tangan saja dirasa kurang maksimal, maka jangan segan memanfaatkan strap. Anda bisa berdiri dalam pose Tadasana sambil memegang yoga strap di kedua tangan. Bentangkan strap di depan tubuh sehingga kedua tangan terbuka lebih lebar dari bahu.

Tarik nafas lalu angkat strap naik (tangan lurus) sehingga posisinya di atas kepala, hembuskan sambil mengarahkan strap lebih ke arah belakang (jika bahu merasa tak nyaman untuk melakukan posisi ini, maka cukup lebarkan bentangan tangan yang memegang strap). Tarik nafas lagi sambil membawa strap kembali di atas kepala, hembuskan nafas dan turunkan strap kembali ke posisi semula. Ulangi beberapa kali bila perlu.

 

2. Sun Salutations with Blocks

sun salutations with yoga block

Coba rasakan sensasi kebebasan melayang di udara ketika melakukan gerakan Surya Namaskar A dan B dengan bantuan blocks. Karena keberadaan blocks dapat membuat cengkeraman tangan stabil dan posisi tubuh lebih tinggi dari lantai, maka Anda bisa dengan mudah melanjutkan latihan yoga dari pose Uttanasana ke Downward-Facing Dog, atau Chaturanga Dandasana ke Upward-Facing Dog.

Melakukan pose yoga Down Dog dengan bantuan blocks juga merupakan salah satu metode kreatif untuk melatih bagaimana caranya memberi tekanan ke bawah melalui telapak tangan. Selain itu, aksi jumping forward, back and through, dengan tangan di atas blocks juga cukup menyenangkan untuk dicoba.

 

3. Wide-Legged Forward Fold with a Blanket

yoga blanket

Anda dapat memulai gerakan yang memperkuat paha dalam dan core ini dengan bantuan props model selimut yang teksturnya ringan sehingga mudah bergeser di atas lantai. Lipat selimut menjadi 2 menurut panjangnya, lalu letakkan itu di atas lantai sejajar dengan matras sehingga keduanya sama-sama membentang ke samping.

Berdirilah di atas selimut dengan kedua kaki terbuka lebar, tekuk lutut, dan tekuk badan (sambil tetap tegak) ke depan. Letakkan tangan di atas matras (atau sepasang blocks).

Tarik nafas, kuatkan lengan dan regangkan tulang belakang, jaga punggung tetap tegak sambil mengarahkan area dada semakin maju. Hembuskan nafas, tekan kedua telapak tangan sebagai tumpuan, lalu lengkungkan tulang belakang, dan bawa kaki merapat.

Pada tarik nafasan berikutnya, luncurkan kedua kaki lagi sehingga posisinya terbuka lebar seperti semula sambil meregangkan tulang belakang. Ulangi hingga 10 kali hitungan nafas, rapatkan kaki ketika exhale, dan bentangkan kaki saat inhale.

 

4. Supported Warrior III with a Strap

yoga strap

Beberapa orang kurang menyukai pose yoga Warrior III karena butuh keseimbangan, kekuatan, serta fokus ekstra untuk dapat stabil dalam melakukannya. Namun dengan bantuan props jenis strap, pose ini bisa jadi lebih mudah dan stabil untuk dipraktikkan karena berkat strap, tangan dan kaki jadi saling menguatkan.

Sambil memegang strap di belakang Anda dengan kedua tangan, berdirilah dalam pose yoga Tadasana. Injak strap dengan tumit kanan. Tarik nafas dalam, jaga tangan tetap lurus ke bawah. Tekan tumit kanan, tarik kedua tangan, regangkan torso, lalu angkat perlahan kaki kanan ke belakang sambil mencondongkan tubuh ke depan (jaga posisi torso tetap lurus dan punggung tetap tegak). Tahan posisi selama yang Anda bisa, lalu ulangi untuk kaki satunya.

 

5. Crow on a Block

crow on yoga block

Untuk melakukan pose yoga Crow tak hanya butuh kekuatan ekstra, posisi lutut juga mesti berada di atas siku agar tangan bisa seimbang. Untuk membuat semua itu terjadi, props jenis block bisa sangat membantu.

Letakkan block di atas matras. Berdirilah dengan kedua kaki di atas block, lalu jongkok sehingga pose tubuh mirip katak sekarang. Letakkan tangan (jari terbuka lebar) ke depan di atas matras dalam posisi lurus di bawah bahu. Kunci kedua lutut di belakang lengan atas, sedekat mungkin dengan ketiak.

Lalu jinjitkan kaki, tumpukan bobot tubuh dan kedua lutut pada kedua tangan. Sambil menjaga pandangan lurus ke depan, angkat salah satu kaki sambil mencondongkan tubuh ke depan. Lakukan bergantian untuk kaki satunya.

 

6. Wheel on Blocks

wheel on block

Cengkeraman tangan saat melakukan pose yoga Urdhva Dhanurasana bisa lebih kuat stabil berkat bantuan props jenis blocks. Letakkan kedua blocks dengan jarak selebar bahu, lalu berbaringlah dengan posisi kepala berada di antara kedua blocks tadi.

Tekuk kedua lutut, letakkan tangan di atas blocks, cengkeram sisi depan blocks dengan jari tangan. Sambil bertumpu pada kedua tangan, tarik torso ke atas menjauhi matras hingga tangan lurus sehingga posisi Full Wheel terbentuk.

 

7. Bow Pose on a Bolster

bow pose on bolster

Keberadaan bolster yang empuk dapat membantu bow pose karena membuat perut sebagai tumpuan tetap nyaman. Anda cukup menyelipkan props ini ke dasar perut bawah sebelum melakukan bow pose.

 

8. Balancing Postures on a Block

balancing postures on yoga block

Ingin melakukan pose yoga seperti Tree, Eagle, Extended Hand-to-Big-toe, atau bahkan Warrior III dengan tantangan lebih? Lakukan itu sambil berdiri di atas sebuah block.

 

9. Standing Poses with Back Foot on a Blanket

standing poses on yoga blanket

Kelebihan props tipe blanket ketimbang matras adalah tekstur kainnya yang bisa meluncur atau bergeser dengan mudah di atas lantai. Dengan demikian Anda bisa melakukan berbagai standing yoga pose, seperti Warrior II misalnya dengan tantangan peregangan kaki belakang yang lebih ekstra. Semakin jauh kaki belakang meluncur, maka kian meregang pula otot-otot bagian dalamnya.

 

10. Scorpion Pose Over a Chair

scorpion pose over a chair

Untuk berkenalan dengan Scorpion Pose, maka salah satu props yang bisa dipakai adalah kursi berkaki 4 yang bagian kakinya bisa dijadikan pegangan. Rapatkan kursi ke dinding, dan mulai dengan table pose. Tekuk kedua tangan sehingga posisi kedua lengan bawah paralel dengan matras.

Setelah itu genggam kaki kursi dengan tangan sebagai pegangan, lalu angkat lutut sehingga membentuk dolphin pose. Saat siap, tendangkan kedua kaki ke arah dinding dan bawa kaki melengkung ke bawah sejauh yang Anda bisa hingga mencapai dudukan kursi.

 

KLIK disini untuk belanja Yoga Props

 

10 Cara Kreatif Menggunakan Yoga Props 1Meagan McCrary is a 500 E-RYT and writer with a passion for helping people find more comfort, clarity, compassion, and joy on the mat and in life. She’s the author of Pick Your Yoga Practice: Exploring and Understanding Different Styles of Yoga, an encyclopedia of modern yoga systems, as well as a contributor at yogajournal.com. Living in Los Angeles, Meagan teaches at various Equinox Sports Clubs and at Wanderlust Hollywood.