Pemakaian Yoga Strap untuk Cedera Hamstring

Cedera hamstring adalah komplain yang sering diutarakan oleh para atlet.   Banyak orang mengira otot hamstring terdiri hanya satu bagian, tetapi hal ini salah. Otot hamstring terdiri dari 3 bagian yang berbeda – yaitu semitendinosus, biceps, femoris dan semimembranosus.

 

pemakaian yoga strap untuk cedera hamstringApabila anda menderita cedera hamstring, ada yoga pose yang dapat meringankan rasa sakit ini. Yoga pose ini dibagi menurut bagian dari otot hamstring, yaitu central, inner dan outer.

Cara jitu untuk membuat hamstring supaya tidak kaku dapat kita regangkan dengan menggunakan yoga strap. Caranya sangat mudah, anda tinggal tiduran di yoga mat dan kemudian ikat yoga strap di telapak kaki dan tarik kaki ke arah keluar atau ke dalam – lihat video.

 

Central Hamstring (bagian tengah).

Lakukan pose Paschimottanasana (seated forward bend), Uttanasana (Standing Forward Bend) dan Halasana (Plow Pose). Ketiga posisi yoga ini untuk stretching hamstring bagian tengah.

 

Inner Hamstring (bagian dalam kaki)

Posisi ini dapat dilakukan dengan strap. Anda dapat tiduran, letakan punggung di lantai, dan kemudian ikatkan strap di telapak kaki. Ayunkan kaki kea rah keluar (lihat video) dan anda akan merasakan otot inner hamstring di stretch.

Posisi yoga yang berhubungan dengan inner hamstring adalah Upavista Konasana (wide-angle seated forward bend), dan Prasarita Padottanasana (wide legged standing forward bend).

 

Outer Hamstring

Dengan melakukan strap, anda dapat tarik kaki kiri (apabila telapak kaki kiri dikaitkan oleh strap – lihat video) kea rah kanan. Otot hamstring bagian luar akan terasa tertarik.

Posisi yoga yang berhubungan dengan outer hamstring adalah Parsvottanasana (intense side stretch) dan Parivtta trikonasana (revolved triangle pose).

 

Produk yang dapat anda beli untuk meregangkan hamstring sesuai dengan video: