10 Alasan Melakukan Yin Yoga Meskipun Sibuk

Ketika sedang menghadapi tumpukan deadline kerja, hal yang tidak kita inginkan adalah jatuh sakit. Untuk itu kita akan makan lebih banyak, minum vitamin, dan lain sebagainya. Namun, bagaimana dengan kesehatan mental? Apakah di balik tubuh yang sehat tersimpan pikiran stres? Jika ya, maka kondisi tersebut tidaklah baik. Oleh karena itu, sesibuk apapun Anda, tetaplah putuskan untuk berlatih YIN YOGA setiap harinya. Alasannya? Simak penjabaran detil mengenai manfaat yin yoga berikut ini:

1.Membantu memperbaiki fleksibilitas tubuh

Postur tubuh yang salah dari aktivitas sehari-hari (seperti terus-menerus duduk di balik meja kantor), cedera, hingga faktor penuaan seringkali membuat otot kaku sehingga tubuh jadi kurang fleksibel saat bergerak. Tak hanya itu saja, kakunya otot juga menyebabkannya saling melekat (adhesi) sehingga sirkulasi darah, energi, dan nutrisi ke seluruh tubuh mengalami hambatan. Untungnya, latihan Yin Yoga dapat membantu meningkatkan fleksibelitas karena gerakannya membantu peregangan otot, sendi, serta jaringan penghubung.

2.Merevitalisasi jaringan tubuh

Saat melakukan Yin Yoga, jaringan tubuh tak hanya jadi meregang dan terhidrasi, namun juga jadi lebih lentur. Ya bila mau cermat, Anda pasti bisa merasakan kalau seolah-olah tubuh seperti sedang dipijat.

3.Membuat kita sadar bahwa tubuh ini sungguh luar biasa

Latihan yin juga bisa mencelikkan mata kita tentang betapa luar biasanya tubuh ini. Meningkatnya kesadaran tersebut tak hanya membuat kita kagum, namun juga bersyukur dan merasa puas. Sungguh perasaan yang luar biasa!

4.Melatih kita agar lebih slow down

Kalau Anda merasa kelelahan akhir-akhir ini karena selalu dituntut bergerak cepat, maka saatnya untuk break sejenak dan luangkan waktu untuk berlatih Yin Yoga. Alasannya karena tanpa sadar, gerakan yin mengajar kita untuk slow down sehingga kita bisa beristirahat dan disegarkan kembali. Dan kalau pikiran dan tubuh segar kembali, maka kit jadi lebih produktif.

5.Mengajarkan kita untuk lebih care dengan diri sendiri

Tak jarang berbagai aktivitas membuat kita lalai menjaga diri sendiri. Kita mengangkat barang berat seenaknya tanpa memperhitungkan kemampuan otot.

Saat berlatih Yin Yoga, kita memperoleh kesempatan untuk mengobservasi, memelihara, dan menenangkan diri sendiri. Dengan lain kata, kita diajar untuk care dan peduli terhadap tubuh kita.

Melakukan Yin Yoga yang benar adalah tidak ngotot dan me-rileks kan semua tubuh. Posisi tidak dipaksakan dan dengan waktu, otot-otot akan lebih lentur. Maka itu posisi Yin Yoga dilakukan lebih lama.

6.Meredakan stres

Kalau kesibukan membuat Anda stres, maka Yin Yoga yoga menawarkan obatnya. Saat sedang berlatih, berbagai emosi negatif biasanya akan mencuat keluar, dan pada saat itu kita dapat belajar untuk lebih sabar, lembut, serta tenang.

7.Akibatnya, kitapun jadi lebih tabah saat menghadapi tekanan

Meski bertahan dalam pose tertentu selama beberapa menit seringkali membuat kita gelisah dan tak betah, namun kalau itu dilakukan dengan kelembutan, tubuh akan belajar beradaptasi. Oleh karenanya tak heran kalau penyerahan merupakan salah satu tema utama dari latihan yin sehingga ketika menghadapi tekanan hidup, kita tanpa sadar jadi lebih tabah.

8.Mengaktifkan sistem saraf parasimpatik

Bernafas menggunakan diafragma (pernafasan perut) merupakan metode handal untuk mengaktifkan sistem saraf parasimpatik. Tunggu dulu, memangnya apa keuntungannya kalau saraf ini aktif?! Ada banyak, beberapa di antara adalah meredakan stres dan ketegangan, menstabilkan tekanan darah, meningkatkan kualitas tidur dan sistem pencernaan, menguatkan sistem imun, dan lain sebagainya. Biasanya saraf ini terkunci akibat kesibukan sehari-hari, dan cara mudah untuk ‘membukanya’ adalah dengan bernafas menggunakan perut yang merupakan bagian dari yin yoga.

9.Membawa kita masuk dalam meditasi

Dalam padatnya aktivitas dan kesibukan, kita jarang bisa melihat gambar besar dari banyak hal. Akibatnya kita tak dapat berpikir jernih. Nah karena yin yoga tanpa sadar membuat kita bermeditasi, maka saat itu, pikiran kita seperti dicelikkan. Solusi yang mungkin sedang Anda cari selama ini bisa-bisa muncul begitu saja setelah berlatih Yin Yoga. Asyik kan?!

10.Membuat hidup jadi seimbang

Kebanyakan dari kita terlalu sibuk/ aktif (Yang) sehingga tak ada waktu untuk berdiam diri (Yin) dan introspeksi. Kalau kondisi ini terus dilakukan, maka biasanya itu akan membawa kita pada 1 titik dimana kita merasakan kelelahan yang amat sangat. Tentunya kita jadi tidak produktif kalau sampai jatuh pada kondisi ini. Oleh karenanya sesibuk apapun, coba sempatkan waktu untuk berlatih yin yoga setiap harinya.

article by: Shannon Stephens

Yin yoga - restorative yoga
Shannon Stephens

Shannon Stephens is a 500 E-RYT Yoga Medicine teacher based in Oklahoma City. She specializes in yin, vinyasa, and meditation and has additional training in mindfulness meditation and Thai Yoga bodywork. She is the owner of This Land Yoga & co-founder of Awake OKC, a non-profit organization that offers weekly meditation classes and mindfulness training for public schools, prisons, and recovery programs.

Tags: