Ingin Cepat Hamil? Lakukan Yin Yoga

Emang benar ya cara agar cepat hamil ya dengan melakukan yin yoga? Pertanyaan ini mungkin juga pernah melintas dalam benak Anda. Untuk menjawabnya, mari kita simak penjelasan yang disampaikan Sarah Powers sebagai berikut.

 

Tak dapat disangkal kalau yoga merupakan jenis olahraga yang baik untuk menyeimbangkan semua sistem tubuh. Yoga membuat tubuh siap menyambut momen kehamilan yang cukup menantang bagi sebagian besar wanita.  Meski demikian, bila dilakukan dengan cara yang salah, yoga justru dapat menurunkan potensi kehamilan. Kapan itu terjadi? Bila seorang perempuan berlatih terlalu keras setiap harinya selama bertahun-tahun lamanya.

 

cara cepat hamil dengan berlatih yin yogaMetode latihan semacam ini membuat prana atau chi (kekuatan hidup) jadi tidak seimbang, khususnya bagian Yin chi. Hal ini sering dialami para atlet yoga yang cenderung menonjol di bidang Yang chi-nya. Jangankan hamil, tak sedikit para atlet yoga yang justru berhenti haid akibat berlatih keras. Kalau sudah begini, bagaimana mau punya anak kalau siklus datang bulannya saja berhenti atau tidak teratur?!

 

Oleh karenanya dalam hidup ini, tak cukup kalau sibuk dan aktif (Yang) saja. Kita juga harus meluangkan waktu untuk melakukan yin yoga yang sifatnya lebih kalem dan pasif. Perbedaan Yin dan Yang yoga ini tak hanya terletak pada tingkat keaktifannya saja, namun juga efek secara fisik bagi tubuh. Kalau Yin membuat jaringan penghubung tubuh memanjang dan terhidrasi, lain halnya dengan Yang yang lebih berfokus untuk menguatkan dan meregangkan otot-otot.

 

Tak hanya mampu menenangkan pikiran, Yin yoga juga mendorong prana agar terus-menerus mengalir melalui 6 titik utama di kaki. Ya inilah yang menyebabkan yin yoga dapat diandalkan sebagai cara agar cepat hamil. Alasannya karena 6 titik tadi sangat memengaruhi kesehatan organ inti seperti pankreas, liver/ hati, ginjal, kandung kemih, lambung, dan kantong empedu. Alhasil, kalau tubuh seimbang dalam unsur chi dan juga sehat dari segi organ-organnya, maka dapat dipastikan kalau seorang perempuan akan lebih mudah hamil, dan kandungannya pun bisa lebih sehat.

 

Alasan berikutnya mengapa latihan yin bisa jadi salah satu cara agar cepat hamil adalah karena tekanan di perut bawah saat melakukan forward bending, dapat merangsang aliran prana ke area itu juga. Apalagi perut bawah merupakan tempat chakra (Svadhisthana), yang mengontrol organ reproduksi.

 

Menurut salah satu yogi terkenal, Hiroshi Motoyama,”Chakra Svadhisthana mengendalikan energi dan perilaku seksual, 2 unsur utama penting untuk proses terjadinya pembuahan/ kehamilan. Di samping memegang peranan penting bagi reproduksi seksual, chakra ini jugalah yang memengaruhi proses pembelahan sel-sel seksual, yang mana itu dapat menyebabkan janin tumbuh dalam tubuh seorang perempuan.”

 

Jadi semakin besar energi yang masuk ke dalam chakra ini – melalui tekanan dan stretching plus pikiran yang fokus – kian besar pula manfaat baik yang diperoleh perempuan sebelum dan selama kehamilan. Itulah kira-kira alasan mengapa yin yoga termasuk salah satu cara agar cepat hamil.

 

by Sarah Power

Sarah Powers blends the insights of yoga and Buddhism in her practice and teaching. She incorporates both a Yin style of holding poses and a Vinyasa style of moving with the breath, blending essential aspects of the Iyengar, Ashtanga, and Viniyoga traditions.