Perbedaan Antara Yin Yoga dan Hatha Yoga

Apakah Anda   pernah melakukan  gerakan yin yoga ataupun gerakan hatha yoga?  Kedua  yoga tersebut  sekalipun hampir sama namun memiliki karakteristik yang berbeda.

Yin yoga  merupakan  yoga yang berasal dari  Cina   yang   menitikberatkan pada  gerakan yang lebih lama  untuk meregangkan  jaringan ikat dan juga memperdalam meditasi. Sedangkan hatha yoga  memiliki akar di India dengan latihan fisik  untuk membentuk kekuatan, pemurnian dan juga persiapan untuk meditasi.   Saat  Anda  mengikuti  hatha yoga maka  Anda akan mengikuti beberapa  gerakan dan juga pernapasan bersama dengan  komponen  meditasi  ataupun reflektif.

yoga-background_221
Hatha Yoga Practice

Hatha  yoga  merupakan   cabang dari  senam yoga yang  berpusat pada penguasaan tubuh  dan pernapasan.   Yoga ini  akan menyeimbangkan  dua kutub energi yang ada  pada  tubuh manusia yaitu yang dan yin,  lingga,  yoni, ha, feminine dan  tha.  Keseimbangan yang ada pada dua kutup ini merupakan   penguasaan dari fisik   yang diperoleh dengan  menggunakan   olah tubuh,  pembersihan,  kuncian,  olah nafas dan juga gestur.

Dalam  hatha ini juga  dilakukan  gerakan  relaksasi  atau  meditasi  untuk melengkapi yoga.   Jika  Anda  melakukan yin  yoga maka Anda akan membuka otot-otot yang  kaku  serta menggunakan pose yang mempu untuk  memijat otot-otot dalam tubuh  maupun organ  tubuh tertentu.   Yin yoga   sangat efektif untuk  mempersiapkan tubuh  sebelum  melakukan  yoga.

Posisi Hatha Yoga biasanya statis dan memerlukan pencapaian perfeksionisme.

Untuk melakukan yoga maka Anda akan melakukan  pernapasan.  Dalam hatha yoga Anda akan mengontrol  nafas maupun kesadaran yang menjadi inti dari  kelas yoga tersebut.  Anda akan memperpanjang nafas dan juga  memperdalam  nafas dalam berbagai teknik pernapasan.  Anda akan memfokuskan nafas di keheningan dan  menjaganya agar  tetap stabil. Dalam tradisi yin yoga maka  Anda akan menjaga nafas dengan lembut, tenang dan   hal ini sulit dilakukan oleh orang.  Dengan  melakukan ini, maka  akan  mengurangi stress  dan meningkatkan fleksibilitas tubuh.

Manfaat lain dari  kedua yoga tersebut adalah  untuk mencegah dan mengatasi penyakit asma, kanker, sakit punggung, diabetes, depresi  dan masalah kesehatan lainnya.