Yoga Pose untuk Sakit Pinggang

Sakit pinggang (lower back pain) di derita oleh sebagian orang yang kurang aktif berolahraga atau terlalu banyak pasif dalam kesehariannya.  Sebagai contoh, banyak eksekutif yang bekerja dari jam 9.00 pagi sampai sore atau malam hari, tidak bergeser dari tempat duduk dan memandang layar komputer terlalu lama. Akibatnya, cukup banyak eksekutif mengeluh sakit pinggang dan kadang sulit diobati, karena posisi duduk yang salah.

 

[youtube video_id=”YlfI2cco8_E” placeholder=”no” width=”640″ height=”360″ ]

Banyak orang mencoba obat sakit pinggang, tetapi kebanyakan obat tersebut tidak menyembuhkan akar dari permasalahannya tetapi hanya sebagai pereda rasa sakit saja.  Sebagai contoh, banyak obat sakit pinggang dengan campuran utama “parasetamol”, dimana obat pereda rasa sakit yang digunakan juga untuk obat sakit kepala (contoh: paramex, panadol, dll).  Untuk dapat menyembuhkan sakit pinggang dengan aman, mengapa tidak mencoba gerakan yoga yang sederhana?

 

Video dari Ekhart Yoga menunjukan bagaimana yoga pose yang sangat sederhana dibantu oleh yoga block dapat sebagai obat sakit pinggang. Berikut adalah hal-hal yang perlu diperhatikan:

  • Anda membutuhkan yoga props, yaitu yoga block.  Anda bisa memilih foam block atau cork block.
  • Berbaringlah dengan santai dengan alas yoga mat dan tekuk lutut kaki dengan santai. Coba sentuh  kedua mata kaki dengan kedua ujung jari.
  • Tekan telapak kaki kebawah dan angkat sacrum/bokong keatas sehingga anda dapat meletakkan yoga block tepat dibawah pinggang bawah bagian tengah.  Coba letakkan yoga block crossing.
  • Pisahkan telapa kaki ke arah berlawanan (lihat video) dan pastikan paha tetap bersatu.  Pertahankan posisi ini selama 10x nafas.
  • Pada posisi ini, rasakan bahu membuka lebar (chest opening) dan usahakan dagu tetap keatas (tahan posisi ini selama 1 menit).
  • Angkat kedua kaki keatas dalam keadaan lutut terlipat.
  • Tahan posisi ini selama beberapa menit dan rasakan pijatan di pinggang bawah dari yoga block.
  • Anda bisa rubah posisi yoga block berdiri keatas untuk pijatan yang lebih dalam.

 

Yoga pose dengan yoga block ini sangat sederhana, namun dapat menjadi obat sakit pinggang yang ampuh.  Silahkan mencobanya…..

 

Untuk posisi yoga diatas, diperlukan yoga block. Anda bisa mendapatkannya dengan memilih yoga foam block atau cork block seperti dibawah ini…..