Waktu Terbaik Latihan Yoga

Banyak orang yang senang menyesuaikan jenis dan waktu latihan yoga dengan jam-jam dan bahkan musim tertentu. Hal ini membantu mereka untuk lebih terhubung dengan alam sekitar, serta belajar fokus dan memilih-milih pose paling sesuai.

waktu latihan yoga terbaikSebenarnya, jam-jam terbaik latihan yoga bisa jadi berbeda karena waktu aktif orang dalam 24 jam juga berbeda-beda. Selain itu, gerakan yoga pun bermacam-macam efeknya; ada yang memberi energi dan membuat jadi bersemangat, ada yang sifatnya menenangkan dan ada yang sifatnya menyeimbangkan. Jadi, alangkah baiknya jika kita bisa menyesuaikannya dengan kondisi iklim, musim dan jam biologis kita.

 

Yoga: Haruskah Selalu Pagi-pagi?

Secara tradisional, yoga memang dilakukan pagi-pagi sekali, karena saat itulah waktu yang tepat untuk menyambut matahari pagi dan menyerap energi alam yang baru ‘terbangun’ untuk memberi energi pada tubuh. Akan tetapi, jaman sekarang, ada orang yang bisa langsung aktif saat pagi tiba, dan ada yang baru ‘panas’ menjelang siang bahkan sore.

 

Dalam hal ini, latihan yoga sebaiknya disesuaikan dengan kondisi jam biologis masing-masing. Misalnya, jika Anda baru bangun, lakukan gerakan yang bisa menimbulkan semangat seperti variasi gerakan yang membengkokkan punggung (backbend) serta Tree Pose. Sebaliknya, jika mau tidur, rileks dan santailah dengan berbagai gerakan yang memutar badan (twisting pose), serta forward bend. Jangan lupa untuk selalu menutup semua latihan yoga dengan corpse pose selama 5 menit.

 

Yoga untuk Cuaca Panas dan Dingin

Pemilihan gerakan yoga juga bisa dilakukan lewat kondisi cuaca; apakah panas atau dingin. Saat cuaca sedang panas, sebaiknya hindari melakukan gerakan yang membuat Anda memaksakan diri. Lakukan saja meditasi sambil duduk sebagai pembukaan, lalu Pranayama dan Sun Salutation tapi tidak perlu disertai lompatan. Lakukan juga pose-pose backbend dan, jika bisa, pose inversi seperti Legs up the Wall dan Headstand.

 

Jika cuaca dingin, coba lakukan Sun Salutation untuk pemanasan, lalu disusul dengan gerakan-gerakan pembuka dada seperti Bow PoseCamel Pose, Handstand dan Crane Pose. Semua gerakan latihan yoga ini bukan hanya memberi semangat, melainkan juga menghindari depresi akibat cuaca.