Senam Yoga Bagi Atlit

Yoga, dalam perkembangannya, seperti telah dibuktikan juga dalam banyak penelitian, mempunyai manfaat yang sangat banyak. Semua orang dapat melakukan latihan yoga karena tidak memerlukan tenaga yang banyak dan hanya membutuhkan waktu yang relatif singkat. Lalu, apakah atlit perlu mencobanya? Petanyaan ini dirasa cukup berdasar karena yoga memang bisa dilakukan untuk atlit bidang olahraga apapun. Yoga memang meningkatkan kemampuan seorang atlit untuk mendapatkan performa terbaiknya. Beberapa manfaat bisa didapat dari latihan yoga.

 

 

Senam Yoga Meningkatkan Kekuatan Otot

Peningkatan kekuatan bisa didapat dengan latihan pose/asana yoga yang rutin.  Latihan yoga mampu meningkatkan kekuatan otot secara keseluruhan. Latihan yoga dapat meningkatkan kekuatan inti tubuh dan meningkatkan kesembuhan setelah kecelakaan dengan peningkatan kerja otot sehingga meningkatkan keseimbangan semua fungsi dalam tubuh. Untuk atlit, apapun bidangnya, hal ini pasti akan sangat membantu.

 

Seorang atlit dalam bidang apapun, biasanya mempunyai permasalahan dalam hal pernafasan. Banyak diantara mereka yang hanya mengandalkan kekuatan otot dan lupa dalam hal pengaturan nafas. Hal ini dapat dibantu dengan rutin berlatih yoga. Latihan secara rutin dapat meningkatkan keseimbangan dan membuat gerakan olahraga yang dijalani lebih tertata.

 

Senam Yoga Meningkatkan Fleksibilitas Otot Dan Sendi

Latihan yoga secara rutin telah terbukti mampu meningkatkan fleksibilitas otot dan sendi. Ini sangat penting untuk performa tubuh secara keseluruhan. Dengan adanya peningkatan fleksibilitas, pergerakan dalam olahraga pun bisa semakin meningkat. Sebagai contoh, seorang atlit renang dengan latihan yoga yang rutin, akan mampu meningkatkan kecepatannya dalam berenang karena fleksibilitas yang didapat. Kerja otot akan menjadi lebih maksimal dengan pelatihan yoga.

 

Senam Yoga Mengontrol Mental Lebih Tenang

Manfaat latihan yoga tidak hanya sebatas antara otot, sendi dan kekuatan. Tetapi juga dapat mengontrol mental seseorang. Seorang atlit biasanya berfikir bahwa dia adalah atlit yang harus melakukan latihan fisik yang berat agar dapat menjadi juara. Itu mungkin benar dalam hal tertentu, tetapi dalam pertandingan, mental yang seperti itu biasanya akan menimbulkan rasa tertekan akan tuntutan dan dapat menurunkan kinerja badan. Untuk itu, seorang atlit perlu melakukan asana dalam meditasi. Dalam pose ini, anda dapat duduk dan berrfikir tenang sambil mengatur nafas anda.

 

savasana

Savasana – Corpse Pose

Dalam savasana (pose terakhir dalam latihan yoga), anda pun bisa mengontrol pikiran anda. Disini anda akan berusaha untuk rileks dan memfokuskan badan dan pikiran untuk tenang. Banyak yang berkata bahwa savasana adalah pose dimana hal magis bisa terjadi. Mungkin hal ini benar, dengan adanya kontrol pikiran dalam pose ini. Savasana bisa juga dapat dikatakan sebagai pose yang paling penting untuk para atlit dan semua orang yang berlatih yoga. Masih ingatkah anda akan kekuatan pikiran yang begitu besar? Jika anda bisa mengontrolnya, semua pekerjaan yang ingin anda lakukan akan terkontrol sesuai perintah pikiran anda.

 

Setelah mengetahui manfaat latihan yoga, tidak dapat dielakkan bahwa yoga adalah latihan yang sangat dibutuhkan untuk para atlit. Yang membedakan antara pemenang Olimpic dan peserta lain adalah pikirannya. Pikiran yang tenang akan membuat pernafasan lebih baik. Dan pernafasan yang lebih baik akan membuat performa tubuh lebih baik. Hal itu akan membawa kemenangan untuk seorang atlit.

 

Hal lain yang bisa anda dapat dari yoga adalah menemukan pasangan hidup anda. Untuk manfaat ini, anda tidak bisa memastikannya. Hanya waktu yang mengetahuinya nanti. Tetapi, banyak contoh yang telah menunjukkan adanya pertemuan pasangan hidup dari latihan yoga. Mungkin itu bisa dikatakan sebagai bonus. Tanpa bonus pun, anda sudah cukup banyak mendapatkan keuntungan manfaat, jadi kenapa tidak mencobanya?