Ciptakan Kreativitas dan Hilangkan Stress dengan Gerakan Yoga ini

Setiap orang pasti menginginkan hidupnya senang terus dan bebas stres. Namun kenyataannya, selalu saja ada hal-hal yang membuat kita stres. Belum selesai 1 masalah, sudah muncul problem baru lainnya.

Ya walau kita mungkin tidak bisa mengubah keadaan, namun untungnya kita tetap dapat mengendalikan reaksi diri sendiri. Semuanya dimulai dengan mengubah mindset dari ‘no pain, no gain’ menjadi self-care.

Contohnya, hanya karena semua orang di sekitar bermultitasking, tak berarti kita juga harus melakukannya walau bisa. Berhentilah memaksakan diri atau melakukan ini-itu secara sekaligus, karena ini semua yang memicu stres. Sadari juga bahwa kerja keras tak selalu harus disertai dengan stres. Sebaliknya stres seringkali membuat kita mati gaya dan tidak produktif bukan?!

Memang sih ada banyak cara untuk menghilangkan stres dan meningkatkan kreativitas, salah satunya adalah dengan berlatih yoga. Tenang saja, tidak sulit kok untuk menghilangkan stres dan mendongkrak kreativitas dengan yoga. Anda cukup lakukan saja beberapa gerakan yoga simple berikut:

 

All fours

gerakan yoga - anti stres

Luangkan waktu untuk berdiam dalam pose all fours atau table. Jangan buru-buru dan tetaplah bernafas dalam-dalam.

Downward-facing dog with soft knees

Jika biasanya Anda melakukan downward-facing dog dengan sempurna, maka kali ini kendurkan sedikit bagian lutut maupun sikunya. Setelah itu, goyangkan pinggul sedikit ke kanan-kiri.

Downward-facing dog lift on toes

Masih dalam posisi downward-facing dog, sekarang luruskan siku maupun lutut, lalu berjinjitlah. Lakukan beberapa kali.

 

Upward-facing dog sway

 

upward facing dog sway - gerakan yoga anti stres

Saat melakukan upward-facing dog, turunkan pinggul sedikit sehingga lutut menyentuh lantai. Goyangkan tubuh ke kanan-kiri sambil menatap bahu. Ulangi beberapa kali.

 

Child’s pose shoulder release

child pose shoulder release - gerakan yoga anti stres

Sambil menekuk kedua lutut di atas lantai, posisikan panggul dekat tumit, dan beristirahatlah dalam gerakan yoga child’s pose sejenak. Selanjutnya, susupkan 1 lengan di bawah lainnya, lalu rilekskan bahu dan punggung atas. Putar tubuh sambil mengangkat pinggul, lakukan hingga Anda merasa stabil dan nyaman. Tahan, lalu lakukan juga untuk sisi satunya. Jangan buru-buru dan nikmati gerakan yoga tersebut.

 

Sit on heels, arms out

sit on heels arm rise - gerakan yoga anti stres

Perhatikan teknik pernafasan begitu Anda sudah duduk di atas tumit. Lalu tarik nafas dalam-dalam dan rentangkan tangan ke atas. Hembuskan nafas sambil merilekskan tangan kembali ke sisi tubuh.

 

Roll up to standing

roll up standing - gerakan yoga

Kembali ke posisi all fours atau table tadi, gunakan jari kaki sebagai pijakan lalu lakukan gerakan down dog. Berjalanlah sehingga kaki mendekati tangan, tahan posisi ini sejenak sambil rileks. Lemaskan lutut dan seluruh tubuh, kemudian gulirkan tubuh perlahan ke atas hingga tegak.

 

Berdiri

standing- gerakan yoga anti stres

Sambil mengembuskan nafas, bawa kedua ibu jari di depan dada sehingga Anda dapat merasakan degup jantung. Bertahanlah dalam gerakan yoga ini selama beberapa menit. Rasakan setiap nafas yang masuk dan keluar. Kalau sudah siap, rilekskan lengan dan rasakan kelegaan.

Sekarang, sudah siap praktek?!

 

 

tara stilesTara Stiles is the founder of Strala Yoga, a revolutionary approach to healing through movement. Thousands of guides are leading Strala classes around the globe in partner studios, gyms, and clubs.