Memilih Yoga Mat yang Tepat Bagi Pemula

Tidak mudah bagi pemula yoga untuk memilih yoga mat yang tepat.  Hal ini disebabkan karena banyaknya pilihan merek, kualitas serta harga yang harus dipertimbangkan secara hati-hati.  Bagi pemula bisa jadi yoga mat kelihatannya sama semua, dan hal ini memicu untuk memilih dengan harga yang lebih murah.

Tapi tunggu dulu, apabila Anda memilih yoga mat dengan faktor dari harga saja, Anda akan menyesal dikemudian hari. Karena banyak kejadian yoga mat yang dibeli setelah beberapa kali dipakai ternyata licin, dan tidak sering kali pinggir dari mat meliuk keatas menjadikan latihan yoga kurang maksimal dan kelihatan tidak rapi.  Belum lagi yang ada yoga mat yang terlalu empuk (atau kempos) sehingga tidak dapat dipakai untuk posisi inversi karena kerasnya lantai terasa sekali di tulang.

tortue sticky yogamat / matras yoga

Advis saya bagi para pemula yoga adalah jangan memilih yoga mat hanya berdasarkan harga saja, tetapi harus mempertimbangkan beberapa faktor sebagai berikut:

1. Pilih bahan dasar yang cocok bagi pribadi Anda

Ada 3 bahan yoga mat yang dibuat di pasaran. Diantaranya adalah TPE (physical mix of polymers, usually a plastic and a rubber), Rubber ( 100 % karet) dan Polyvinyl (PVC).  Dari ketiga bahan dasar tersebut, jangan memilih TPE apabila anda menginginkan pemakaian jangka panjang. Karena mat yang terbuat dari TPE cenderung sangat empuk (kurang cocok untuk posisi inversion) dan mudah terkelupas.

Apabila Anda mempunyai alergi Latex atau Rubber, pilihlah yogamat yang terbuat dari PVC (polyvinyl) dan disertai sertifikasi OEKOTEX 100. Sertifikat ini biasanya dikeluarkan oleh pabrik di Jerman. Contoh matras yoga yang mempunyai Oekotex sertifikasi adalah PRO series manduka dan Tortue Stickymat. Yoga mat yang dibuat dari PVC juga mempunyai kualitas yang sangat beragam.  Maka itu hati-hatilah dan cerdik ketika memilih.  Pro Series dari Manduka (Pro Lite dan Manduka PRO) dibuat dari bahan Polyvinyl dengan teknologi Jerman, dan salah satu produk yang sangat diminati.  Karena dibuat dengan teknologi yang sangat tinggi dan percaya pembeli puas, Manduka berani memberikan “life-time warranty” bagi pembeli yoga mat ini.

Matras yoga buatan Tortueyoga  – Sticky yoga mat buatan dari German adalah yoga mat yang terbuat dari PVC dan pilihan lain dari manduka PRO series. Yoga mat ini mempunyai fitur yang ringan tapi mempunyai densitas yang sangat baik (tidak kempos), anti-slip, closed cell dan mudah dibersihkan /dicuci.  Untuk yang tebal 3mm mempunyai berat 1.1kg dan 4.5mm mempunyai berat 1.4kg. Dengan harga yang sangat kompetitif dibawah harga manduka, matras yoga ini sangat disukai oleh para pemula, guru yoga dan yogi yang berpengalaman.

Ada model baru khusus untuk Bikram Yoga atau Hot Yoga yaitu manduka GRP. Yoga mat ini anti-slip, meskipun telapak tangan anda berkeringat. Mempunyai fitur lebih lebar dan panjang yaitu 180cm x 66cm. Matras yoga ini menjadi favorit dari guru yoga serta murid-muridnya terutama untuk Vinyasa, Ashtanga dan Power yoga yang memerlukan gerak serta yogamat yang tidak licin.  Yogamat ini mempunyai kualitas yang lebih dari Lululemon dan Liforme, tapi dengan harga yang kompetitif. Yoga mat ini disertai anti-bakteri dan charcoal infusion sehingga menghilangkan bau secara natural.

Jadi apabila anda pemula yoga, anda dapat memilih:

2. Closed Cell atau Open Cell ?

Ada 2 fitur di yogamat, yaitu Closed Cell dan Open Cell.  Matras yoga “closed cell” mempunyai permukaan mat pori tertutup, sehingga keringat, debu dan pasir tidak dapat masuk kedalam pori-pori mat. Dengan demikian, bagian tengah mat (biasanya berbentuk busa) akan tetapkering oleh keringat atau air.  Sehingga membersihkan yoga mat closed cell juga lebih mudah, karena hanya dibilas oleh kain basah (atau kanebo) dan dapat langsung disimpan.

Yogamat Open Cell mempunyai fitur pori terbuka. Namun, yogamat dengan open cell memberikan pengalaman (experience) yoga yang sangat baik sekali. Mat lebih anti-slip dan nge-grip. Contohnya adalah manduka GRP (6mm dan 4mm).  Matras yoga ini digunakan untuk orang yang berkeringat sedang – banyak dan tetap tidak licin. Sudah banyak kami menerima testimonial positif dari para guru serta praktisi yoga tentang enaknya memakai yogamat ini.  Namun, matras yoga ini membutuhkan extra perawatan.  Setiap selesai yoga, ada baiknya di lap dengan kanebo /lap lembab (agak basah) untuk membersihkan permukaan dari debu dan pasir.  Apabila agak basah, sampai di rumah di angin-anginkan sampai kering baru digulung kembali.  Hal ini untuk menghindari bau karena mat tidak kering.

Semua yogamat manduka adalah closed cell, yaitu PRO series maupun eKO series, perkecualian adalah manduka GRP (untuk bikram atau hot yoga). Semua Tortueyoga mat closed cell, PVC dan buatan German.

3. Pilih tebal yoga mat yang sesuai dengan tujuan berlatih.

Tebal yoga mat bermacam-macam, sehingga membuat pilihan menjadi lebih kompleks. Bagi pemula yang belum pernah berlatih yoga, hal ini tentunya membuat bimbang dan terjebak memilih yoga mat yang salah.

Untuk memilih yoga mat yang tepat, coba asumsikan hal ini :

  • Apabila anda berlatih Bikram Yoga (Hot yoga) dan Anda tidak mau repot memakai mat towel supaya tidak licin, Anda dapat memilih manduka GRP. Ada yang mempunyai tebal 6mm dan 4mm, dan sesuaikan dengan kebutuhan Anda. manduka GRP terbuat dari PU+Rubber, buatan Spain. Untuk Bikram yoga, anda juga dapat menggunakan Tortue Stickymat atau PROlite bahan PVC (made in German). Namun apabila telapak tangan dan kaki sering berkeringat, maka pakailah mat towel.
  • Apabila Anda membeli yoga mat untuk sering dibawa ke studio yoga/gym, maka pilihlah yoga mat yang tidak terlalu berat.  Pilihan dari Manduka adalah eKO Lite (2.2kg) atau PRO Lite (1.8kg), dan Sticky mat 4.5mm (1.3kg).
  • Apabila anda ingin mempunyai yoga mat yang dapat dibawa kemana-mana dalam tas dan dapat dilipat, maka sangat tepat apabila anda membeli traveling mat yang mempunyai ketebalan hanya 1 – 2 mm. Untuk itu, Anda dapat mencoba Super LiteTortue Sticky yoga mat 3mm adalah matras yoga yang bagus untuk traveling. Yoga mat ini mempunyai density yang lebih baik daripada eKo Superlite karena mempunyai tebal 3mm.  Sangat ringan tapi memberi bantalan yang sangat baik. Mempunyai warna nan indah yaitu hijau biru tua dan purple.
  • Untuk traveling, manduka mempunyai yoga mat dari German – PVC ukuran 2mm – PRO TRAVEL dan dapat dilipat. Ini adalah alternatif yang tepat bagi Superlite 1.5mm.
  • Apabila Anda ingin mempunyai sering latihan di rumah, atau seorang yoga praktisi yang cukup berpengalaman, tentunya ingin membeli yoga mat yang paling baik. Untuk itu, Anda dapat mencoba Manduka PRO atau TORTUE BALANCE. Tortue Balance mempunyai kualitas sama dengan manduka PRO, buatan German dengan 3 warna menarik, yaitu dark blue, purple dan black.
tortue balance yogamat / matras yoga
Tortue Balance
tortueyoga matras yoga BASIC
Tortue Basic

Kami (yoganeka) harap ulasan ini dapat memberikan input dan advis yang berguna bagi para pemula yoga untuk memilih yoga mat yang cocok bagi kebutuhan dan karakter individu masing-masing.