Bikram Yoga – Apa Kata Para Ahli ?

[vc_row][vc_column][vc_column_text]Banyak sekali orang yang tertarik pada yoga sebagai salah satu cara untuk menjaga kesehatan yang menganggap bahwa Bikram Yoga itu sama saja dengan Hot Yoga. Padahal, asumsi semacam ini kurang tepat. Ada perbedaan mendasar yang harus diketahui tentang ini. Untuk lebih gampangnya, semua Bikram Yoga itu dilakukan pada ruangan panas sekitar 40-42 derajat Celcius, namun tidak semua Hot Yoga itu dapat dikategorikan sebagai Bikram Yoga. Lalu, apa sih yang dimaksud dengan Bikram Yoga? Mari kita simak keterangan dibawah ini…

 

 

bikram yogaPada dasarnya, Bikram Yoga adalah latihan yoga yang dilakukan di dalam ruangan yang telah dipanaskan. Metode ini dipercaya lebih mampu memberikan hasil yang optimal dalam beryoga. Wajar saja jika banyak sekali orang yang tertarik melakukannya karena mereka ingin selalu sehat. Bikram Yoga  telah menjadi salah satu jenis latihan yoga yang cukup populer dewasa ini. Namun, menurut beberapa ahli yoga, tidak semua Bikram Yoga itu baik untuk semua orang. Bisa jadi suhu yang telah dipanaskan akan memberikan efek yang tidak baik bagi beberapa orang.

 

 

Itulah yang dikatakan Diana Zotos, seorang instruktur yoga dan juga ahli terapi fisik. Jadi bisa dikatakan juga bahwa latihan bikram yoga juga bisa jadi tidak cocok bagi semua orang. Diana mengatakan, ìOrang-orang yang sensitif terhadap panas, akan mengalami kelelahan yang amat sangat saat mereka melakukan latihan yoga panas. Mereka juga bisa mengalami dehidrasi dengan cepat. Tentu saja hal ini bukanlah hal yang diharapkan. Kita semua ingin sehat bukannya malah menjadi sakit setelah latihan.Lalu, apa saja yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah ini?

 

 

Diana Zotos memberikan beberapa tips untuk pemula yang ingin mencoba yoga panas untuk meminimalisir terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

 

  1. Bawa alas, handuk, dan ajaklah teman
  2. Pakailah celana pendek dan tank top
  3. Minum banyak air sebelum sesi latihan dimulai (disarankan air putih, jangan kopi atau soda)
  4. Jangan mengkonsumsi lebih dari 200 kalori 2 atau 3 jam sebelum latihan dimulai namun jangan juga tidak makan sama sekali.
  5. Periksalah ruangan latihan dan pastikan pelatih yoga anda telah berpengalaman dan bersertifikasi6.  Datanglah sedini mungkin sebelum latihan yoga panas atau bikram yoga untuk menyesuaikan dengan kondisi ruangan latihan.

[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column width=”1/1″][vc_text_separator title=”Related Articles” title_align=”separator_align_center” align=”align_center” color=”grey” border_width=”5″][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column width=”1/1″][vc_basic_grid post_type=”post” max_items=”3″ style=”all” items_per_page=”10″ show_filter=”” element_width=”4″ gap=”30″ orderby=”rand” order=”DESC” filter_source=”category” filter_style=”default” filter_align=”center” filter_color=”grey” filter_size=”md” button_style=”rounded” button_color=”blue” button_size=”md” arrows_design=”none” arrows_position=”inside” arrows_color=”blue” paging_design=”radio_dots” paging_color=”grey” loop=”” autoplay=”-1″ item=”none” grid_id=”vc_gid:1438245760788-4b59c4cc-6c62-1″][/vc_column][/vc_row]