Melakukan Pose Yoga Pincha Mayurasana

Pincha Mayurasana atau forearm balance yoga pose adalah pose dimana anda mengangkat kaki ke udara dengan kepala di bawah, sambil bertumpu pada lengan. Pose yoga ini memang cukup menantang dan membutuhkan banyak latihan, namun ada banyak manfaat yang bisa anda petik. Jika dilakukan secara teratur, pose yoga ini dapat membantu menguatkan bahu, lengan dan punggung, meregangkan bahu dan dada, melepaskan ketegangan pada tulang belakang, meningkatkan keseimbangan dan bahkan menyembuhkan depresi ringan.

pincha mayurasana

Berikut adalah langkah-langkah melakukan forearm balance yoga pose (disarankan melakukannya dengan menghadap dinding jika anda masih pemula).

  1. Lakukan dolphin pose dengan ujung jari-jemari menghadap dinding dan pandangan ke arah ruang di antara lengan. Dengan lengan kukuh dan tulang bahu dirapatkan, mulailah melangkah ke arah siku. Bawa kaki serapat mungkin sejauh betis anda memungkinkan, tapi usahakan sampai pinggul anda berada tepat di atas bahu. Anda bisa menaruh blok yoga di antara kedua tangan agar lengan anda mengarah ke dalam.
  2. Tarik otot perut, kuatkan punggung dengan cara menarik bahu dan merapatkan siku ke bagian tengah tubuh. Angkat kaki kanan ke udara, usahakan lurus dan tidak memutar. Bernapas 3 kali.
  3. Jika anda yakin, jaga kaki kanan tetap lurus dan tekuk lutut kiri untuk mengumpulkan kekuatan, lalu angkat kaki kiri menyusul kaki kanan (anda bisa letakkan kedua kaki di tembok).
  4. Buat kaki anda merapat dan condongkan tumit sejauh mungkin ke atas. Tahan sekuatnya sambil menarik pusar anda dan memanjangkan tulang ekor ke arah kaki. Coba bertahan selama 1 menit sebelum menurukan kaki dan beristirahat dalam child pose.
  5. Jika anda belum yakin atau belum biasa, anda bisa berhenti sampai langkah 3 saja sebelum menurunkan kaki. Coba lakukan child pose lalu lakukan lagi dari awal dengan kaki kiri di atas.

Peringatan: forearm balance yoga pose sebaiknya tidak dilakukan jika anda memiliki tekanan darah tinggi, pernah atau sedang mengalami cedera bahu dan punggung serta jika sedang menstruasi.