Latihan Yoga untuk Tulang Belakang

Sebagai alternatif kesehatan, yoga merupakan senam yang mampu memaksimalkan fungsi tubuh dan organ luar agar tetap terjaga kelenturan dan elastisitas gerakannya. Latihan yoga juga penting untuk menunjang peremajaan tulang belakang Anda sehingga mampu memberikan energi dorong yang lebih besar. Gangguan tulang belakang bisa muncul bagi mereka yang aktifitas sehari-harinya lebih banyak di kursi yang berakibat bahu merosot, kepala miring ke depan dan sirkulasi darah menjadi terhambat. Untuk itu diperlukan terapi yoga untuk mengembalikan fungsi tulang sehingga menjadi lebih kuat dan memiliki daya.

 

Latihan yoga untuk tulang belakangApa saja latihan yoga yang bermanfaat untuk tulang belakang ini? Mulailah dengan melakukan pose termudah Sukhasana. Duduk tegak dan putar tubuh ke kanan. Tempatkan tangan kiri di lutut kanan dan tangan kanan di belakang. Jauhkan panggul ke depan matras dan lebarkan tulang selangkangan Anda. Putar dari pertengahan hingga punggung atas serta ulangi pada sisi lain. Ini adalah awalan dari senam yoga untuk terapi tulang belakang. Setelah itu lakukan tiga putaran Surya Namaskar A (Sun Salutation A) dan tiga putaran Surya Namaskar B.

 

Ketika sudah melakukan semua itu, mulailah latihan yoga khusus untuk tulang belakang dengan memulai pose Anjaneyasana (low lunge). Letakkan kaki kanan ke depan dan kaki kiri dipanjangkan ke belakang. Setelah itu angkat kedua tangan dan tarik nafas hingg lima kali hitungan. Bertahanlah pada posisi tersebut. Kemudian lakukan Adho Mukha Svanasana (Downward-Facing Dog Pose) dengan meletakkan kedua telapak tangan ke lantai sambil menundukkan tubuh. Kedua kaki diberi jarak yang renggang sehingga membentuk sebuah segitiga.  Baik long lunge maupun downward-facing dog pose disebut sebagai tahap pemanasan.

 

Gerakan inti dari latihan yoga untuk tulang belakang ini adalah High Lunge Twist. Kaki kanan ke depan di antara tangan Anda dengan kaki yang dibuka selebar pinggul. Tempatkan tangan kiri di lantai langsung di bawah bahu dan dan putar ke kanan. Jauhkan pinggul Anda saat lengan kanan diangkat ke langit-langit. Semoga dengan melakukan pemanasan dan gerakan inti ini masalah tulang belakang Anda bisa segera teratasi tanpa harus melakukan tindakan medis.