Hubungan Lingkar Pinggang dan Penyakit Jantung

Ukuran lingkar pinggang adalah persoalan sensitif bagi kebanyakan perempuan. Selain dianggap mengganggu penampilan, lingkar pinggang ternyata juga menjadi penanda kapan seorang perempuan harus mewaspadai gangguan berbagai penyakit. Sebelumnya, orang lebih mengandalkan BMI (Indeks Massa Tubuh) untuk mendeteksi gejala kegemukan. Namun, penelitian terakhir di Eropa dan Jepang menyebutkan bahwa gejala tersebut bisa diukur dari ukuran lingkar pinggang dan tinggi badan.

penyakit jantung

Untuk mencegah terjadinya pemelaran tubuh dan risiko penyakit jantung/diabetes, seorang perempuan dengan ukuran lingkar pinggang di atas 80 cm sebaiknya segera mengubah pola makan dan melakukan olahraga teratur. Bukan cuma untuk membentuk penampilan tubuh, namun harus dengan kedisiplinan demi tubuh yang sehat. Beberapa cara untuk mencapai tujuan tersebut bisa dilakukan antara lain sebagai berikut:

Jenis Makanan

Anda sebaiknya mengubah jenis makanan yang lebih sehat. Hal itu bisa diterapkan dengan memilih makanan dengan asam lemak tak jenuh yang tinggi, seperti zaitun, buah-buahan, sayuran, sereal dan susu rendah lemak.

Porsi Makanan

Bagi perempuan yang terbiasa makan teratur tidak akan mengalami kesulitan berarti. Bedanya ialah dengan mengurangi porsi dan mengubah beberapa menu. Perempuan cenderung berpikir bahwa cara untuk menurunkan berat badan adalah dengan menahan lapar hingga berjam-jam. Hal tersebut jangan sampai terjadi dan menjadi kebiasaan. Justru proses diet dengan menyiksa tubuh akan berdampak buruk pada kesehatan.

Olahraga Teratur

Sebenarnya olahraga bisa dilakukan dengan berbagai cara. Jika ukuran lingkar pinggang masih tergolong rendah, Anda cukup mengatasinya dengan olahraga-olahraga ringan. Namun, jika memang sudah melebihi batas kewajaran, ada baiknya untuk meningkatkan intensitas waktu berolahraga.

Cukup Tidur

Semakin banyak waktu tidur seseorang, makin bagus untuk metabolisme tubuh. Sebaliknya, jika terlalu sering begadang, risiko kegemukan akan mengancam. Usahakan untuk selalu menjaga kualitas tidur yang baik.

Gaya Hidup Sehat

Umumnya, perempuan yang terbiasa kerja di kantor mau pun rumah cenderung mengabaikan gaya hidup masing-masing. Padahal, kebiasaan hidup sehat tida membutuhkan persyaratan rumit. Asalkan mengetahui sejauh mana batasan dari makanan dan pola keseharian berpengaruh pada kesehatan.

Seorang perempuan harus mengetahui batasan dan pola hidup keseharian terkait makanan dan kesehatan tubuh. Banyak yang tidak menyadari jika penumpukan lemak di sekitar perut memicu gangguan kolesterol, penyakit jantung dan penyakit lainnya. Oleh sebab itu, selalu waspadai ukuran lingkar pinggang Anda.