Hindari Covid-19 dengan meningkatkan Imunitas Tubuh secara Alami

Ketika pandemi Covid-19  menyebar di seluruh negara, orang-orang makin khawatir dengan kesehatan mereka. Mempraktekan kebersihan dan higienis adalah sesuatu yang baik untuk diadopsi bagi setiap orang, tetapi satu hal yang benar-benar tepat adalah meningkatkan imunitas tubuh secara alami.

Yoga adalah salah satu cara untuk meningkatkan imunitas tubuh secara alami, dan dapat menaikkan vitalitas tanpa harus keluar rumah.

Dalam postingan oleh beberapa orang ahli gizi terkenal, mereka  mengatakan manfaat yang sama tentang hal ini. Guru yoga Baba Ramdev juga berbicara tentang berbagai pose yoga yang bisa berguna selama masa krisis ini.

Hindari Covid-19 dengan meningkatkan Imunitas Tubuh secara Alami 1

Kenapa yoga untuk Imunitas Tubuh?

Yoga digunakan selama berabad-abad untuk menjaga tubuh untuk dapat berfungsi dengan baik secara holistik. Namun, manfaat yoga tidak hanya terbatas pada menghilangkan stres dan kesehatan mental.

Jika dipraktekkan dengan benar, yoga dapat me-energize ulang tubuh Anda, menyingkirkan toksin serta energi negatif, dan menjaga organ vital untuk dapat berfungsi dengan baik. 

Hal ini dapat membantu untuk membangun ketahanan tubuh, baik di dalam maupun di luar. 

Posisi yoga tertentu dapat membantu mendukung, menyeimbangkan, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Ini juga dapat membantu melawan “stres oksidatif” yang menyerang sel-sel sehat. 

Jika dilakukan secara teratur, yoga mengurangi stres secara sistemik dalam tubuh, dan hasilnya adalah mengurangi peradangan dan degenerasi.

Pranayama

Salah satu pose yoga dasar adalah pranayama. Posisi yoga ini sebagai salah satu yang paling sederhana dan efektif untuk meningkatkan kekebalan dan menanamkan kekuatan dan energi positif ke dalam tubuh Anda.

Sukhasana dan pranayama keduanya meningkatkan pernapasan dalam, yang mengurangi hormon stres, memperlancar detak jantung dan gangguan saraf, yang semuanya menguntungkan kekebalan.

Hindari Covid-19 dengan meningkatkan Imunitas Tubuh secara Alami 2
Pranayama

Cara melakukannya:

  • Mulailah dengan duduk dalam posisi yang nyaman, silangkan kaki, dan letakan lutut di lantai.
  • Rileks kan bahu, pastikan dagu tidak mengadah keatas atau kebawah,  dan rentangkan tubuh sedikit.
  • Sekarang, tarik napas dalam-dalam dan rasakan napas tersebut merentangkan (streching) tulang belakang,  dan kemudian perlahan-lahan buang napas.

Matsyasana atau Fish Pose.

Fish pose meningkatkan imunitas dengan mendetoksifikasi tubuh dan meningkatkan tingkat energi. Posisi yoga ini  juga dapat membuka alur pernafasan dan mengurangi hidung mampet, yang sangat baik jika Anda merasa tidak enak badan karena flu.

fish pose - pose yoga meningkatkan imunitas tubuh
Fish Pose

Cara melakukannya:

  • Anda bisa mulai dari posisi lotus. Mulailah dengan mengangkat kepala secara perlahan, dan tegapkan dada.
  • Pastikan untuk merilekskan dada. Bahu harus dijaga agar tetap rileks juga dan lengan terbuka lebar.
  • Telapak tangan menghadap ke atas, rentangkan kaki Anda lurus ke bawah.
  • Tetap di posisi ini selama 2-3 menit untuk manfaat maksimal.

Viparita Karani (Legs up the wall)

Seperti namanya, berlatih viparita karani, yang lebih dikenal sebagai legs up the wall pose, adalah pose inversi. Pose yoga ini  meningkatkan hubungan semua saraf, meningkatkan aliran darah dan memberikan vitalitas pada tubuh.  Posisi ini juga baik bagi mereka yang menderita masalah reproduksi dan kesuburan.

Legs up the wall - meningkatkan imunitas tubuh
Legs Up the Wall

Cara melakukannya:

  • Letakkan matras yoga atau selimut tebal di lantai. Sekarang duduk, putar sisi Anda ke arah dinding.
  • Perlahan, ayunkan kaki Anda ke dinding dengan menggerakkan pinggul dan panggul Anda. Jangan mencoba melakukan semua langkah sekaligus, terutama jika Anda seorang pemula.

Uttanasana (Forward Bend)

Latihan inversi seperti pose yoga ini adalah cara yang tepat untuk mengurangi mampet di hidung dan melindungi sinus dari selaput lendir, yang merupakan bentuk pertahanan pertama sewaktu penyakit menyerang. 

Pose yoga ini mengharuskan Anda untuk menunduk kebawah, dan ini  adalah salah satu cara termudah untuk me rejuvenasi sistem kekebalan tubuh.

Hindari Covid-19 dengan meningkatkan Imunitas Tubuh secara Alami 3
Forward Bend

Cara melakukannya:

  • Dari posisi berdiri, regangkan kaki Anda sehingga mempunyai jarak selebar pinggul.
  • Saat Anda mulai membungkuk, tekuk lutut sedikit dan rilekskan pinggul. Lakukan dengan lembut.
  • Pada saat anda telah membungkuk, istirahatkan telapak tangan Anda di lantai. Pemula dapat menempatkan telapak tangan di pergelangan kaki atau paha. Tetap di posisi ini selama 5-10 napas.