Gerakan Yoga Membuka Bahu – Shoulder Opener

Banyak sekali kasus salah duduk atau berdiri memberikan efek bahu menjadi melengkung kedalam. Hal ini membuat badan bungkuk dan kemudian disertai pegal diseluruh leher keatas dan menyebabkan sakit kepala tanpa alasan yang jelas.  Dengan maraknya pemakaian smartphone, fenomena ini makin terjadi karena banyak orang melihat HP dengan cara kepada menunduk sehingga bahu / shoulder melengkung kedalam dan hal ini menyebabkan posisi tubuh yang jelek dan tidak sehat.

 

Ada gerakan yoga “shoulder opening” atau membuka bahu dimana gerakan dan posisi yoga ini membalik keadaan bahu dan punggung yang bungkuk, serta melemaskan otot-otot disekitar leher sehingga kepala terasa ringan. Pada pose senam yoga ini anda harus mempertahankan lengkungan tulang belakang dengan normal –  dengan melakukan sedikit melengkungkan kedalam punggung  bagian bawah (pungung bagian atas dilakukan sedikit keluar). Caranya adalah sebagai berikut:

 

Berlututlah menghadap kursi, bila perlu anda bisa menggunakan bantalan untuk melindungi lutut. Tempatkan telapak tangan pada ujung  balok untuk menjaga pergelangan tangan yang terpisah satu sama lain.   Setelah melakukan gerakan tersebut anda bisa menekuk siku hingga lengan anda vertikal. Tempatkan lutut  dibawah  sendi pinggul anda, setelah itu gerakkan satu hingga dua inchi dari kursi. Jauhkan panggul anda  dari kursi sejauh yang anda bisa, ini adalah peregangan semua tulang punggung  secara maksimal.

 

gerakan yoga membuka bahu - shoulder openerSaat anda melakukan peregangan tulang punggung maka bahu dan siku harus diletakkan pada posisi yang seharusnya, namun tulang rusuk dan tulang belakang  harus  dgerakkan kearah horizontal  kebawah. Gerakan ini menggerakkan leher dan  kepala dari kursi dan menarik bahu kearah telinga anda.

 

Gerakan yoga ini mungkin sedikit berbeda dari apa yang sering anda dengar namun gerakan ini bisa melenturkan bahu anda secara maksimal. Selain itu  biarkan bahu bagian luar anda bergerak lebih dekat dengan kepala. Berikutnya adalah dengan menggerakkan panggul sejauh mungkin  dengan posisi sendi pinggul berada tepat di atas lutut.

 

Bila panggul tidak anda gerakkan maka gerakkan lutut langsung berada di bawah pinggul anda.  Posisi kepala anda harus terlepas dari lantai dan berada di dekat  pinggir kursi.  Bila dahi anda bisa menyentuh kursi mungkin hal ini karena anda memiliki bahu yang kaku atau ujung siku anda tidak begitu dekat dari  pinggir kursi  atau bisa jadi bahu anda tidak begitu dekat dengan telinga. Anda bisa menggunakan pernafasan untuk menarik panggul kembali kemudian meregangkan tulang punggung dan bahu.

 

Lenturkan otot-otot leher tanpa melepaskan tulang rusuk bagian bawah dan tulang belakang mengendur, lalu  lepaskan tempat meletakkan tangan anda ke lantai dan  tahan posisi tersebut selama satu menit atau lebih. Bernapaslah dengan lembut ketika  melakukan hal ini dan tahan posisi tersebut selama beberapa nafas sebelum mengakhiri  latihan yoga ini.

 

roger cole - Iyengar yogaby: Roger Cole, Ph.D

A research scientist and Iyengar-certified yoga teacher, Roger Cole, Ph.D., specializes in human anatomy and the physiology of relaxation, sleep, and biological rhythms. For more information, visit rogercoleyoga.com.