Cara Meningkatkan Konsentrasi dengan berlatih yoga

Berlatih yoga menenangkan dan menjaga pikiran yang mengganggu, serta cara meningkatkan konsentrasi belajar. Patanjali, orang bijak yang menyusun Yoga Sutra berkata: ‘yoga chitta vritti nirodha’, yang berarti yoga mengurangi fluktuasi pikiran  Anda. Artinya berlatih yoga menjaga emosional Anda lebih tenang, dan membantu berkonsentrasi lebih baik.

Para yogi kuno percaya pada kekuatan magis yoga, dan potensinya untuk meningkatkan konsentrasi. Kemudian, penelitian memberikan bukti, serta ditunjang oleh sains dan logika. Dalam percobaan baru-baru ini di University of Illinois, sekelompok orang dicoba untuk berlatih yoga setiap hari selama 20 menit. Dan, voila! Hasil penelitian menunjukkan  fungsi otak menjadi lebih baik.

Bukti penelitian tersebut cukup untuk membuktikan bahwa latihan yoga adalah cara meningkatkan konsentrasi, dan saatnya untuk memulai berlatih yang sebenarnya. Berikut adalah beberapa yoga asana sebagai penyeimbang  untuk meningkatkan konsentrasi.

Ustrasana atau Camel Pose

Ustrasana atau camel pose adalah melempar bagian tubuh atas kebelakang yang menyerupai postur unta saat duduk. Berlatih Ustrasana lebih disukai di pagi hari dengan perut kosong dan tidak ada makanan didalam.

Ustrasana - Camel Pose - Cara Meningkatkan konsentrasi belajar
Ustrasana – Camel Pose

Jika hal itu tidak memungkinkan, berolahraga di malam hari juga tidak apa-apa, tetapi pastikan Anda makan empat hingga enam jam sebelum latihan. Pastikan bahwa tulang belakang lumbar tidak di regangkan secara berlebihan. Ustrasana adalah asana Yoga Vinyasa tingkat dasar. Setelah Anda mengambil pose Ustrasana, tahan setidaknya selama 30-60 detik.

Paschimottanasana atau Seated Forward Bend

Paschimottanasana atau Seated Forward Bend adalah membuat bagian tubuh atas ke depan dan berfokus pada bagian belakang tubuh Anda. Berlatihlah  asana ini dengan perut kosong, dan apabila berlatih di malam hari, pastikan ada jeda empat hingga enam jam dari makanan terakhir. Makanan yang dicerna pada saat itu akan melepaskan energi, dan energi ini dapat digunakan untuk melakukan yoga pose ini.

Seated Forward Bend - Cara Meningkatkan Konsentrasi Belajar
Seated Forward Bend

Paschimottanasana adalah pose dasar di Hatha Yoga. Tahan posisi ini selama 30-60 detik. Pemula yoga mungkin tidak bisa menahan kaki secara lurus pada awalnya. Untuk itu dapat menggunakan yoga strap atau handuk jika tangan tidak mencapai kaki, tetapi pastikan untuk menjaga tulang belakang selurus mungkin saat mencoba lipatan depan ini.

Manfaat: Paschimottanasana adalah dapat meredakan stres. Hal ini akan mengurangi rasa marah dan menenangkan pikiran Anda. Manfaat lainnya adalah mengurangi sembelit dan merangsang usus dan kandung empedu untuk berfungsi lebih baik.  Yoga pose ini juga menyembuhkan sakit perut, dan sakit kepala. Selain itu juga  memperkuat tulang pinggul dan meregangkan bahu. Hal ini mengaktifkan saraf tulang belakang dan memberi energi pada tubuh. Pose ini juga meningkatkan nafsu makan Anda dan mengurangi obesitas.