Cara Efektif Melepas Ketegangan Leher dengan Latihan Yoga

Ketegangan yang terus menerus di sekitar leher bukan hanya menyebabkan ketidaknyamanan, namun anda juga akan kesulitan melakukan pose-pose yoga. Desiree Rumbaugh, guru yoga yang merilis DVD Yoga to the Rescue for Neck and Shoulder, memiliki solusi latihan yoga untuk mengendurkan ketegangan lewat pelemasan bahu dan punggung atas.

 

Menurutnya, banyak kegiatan sehari-hari yang membuat kita cenderung membungkuk sehingga bahu menjadi kaku, dada tertekuk dan leher pun tertarik sehingga terasa tegang.

 

Latihan yoga untuk mengendurkan ketegangan akan mempertahankan lengkungan alami punggung, meregangkan dada dan juga bahu agar leher kembali rileks. Berikut beberapa pose yang disarankan Rumbaugh. Lakukan setiap pose ini dalam lima hitungan napas secara teratur.

 

Pose yoga Child pose

Child Pose

Duduk dengan kaki terlipat, taruh bantal yoga di depan anda. Tempatkan lengan yang terlipat dan kening di atasnya sehingga leher anda bisa beristirahat dalam pose alami.

 

  • Downward Facing Dog (Adho Mukha Svanasana)
Cara Efektif Melepas Ketegangan Leher dengan Latihan Yoga 1

Downward Facing Dog

Gunakan blok yoga untuk menyangga kening anda agar leher lemas. Jaga agar lengan bertumpu kuat dan dada terbuka.

 

  • Wide-Legged Standing Forward Bend (Prasarita Padottanasana)
yoga pose wide leg standing forward bend

Wide Leg Forward Bend

Saat membungkuk dalam posisi ini, anda bisa memegang sabuk saat kedua tangan terentang ke belakang, jika bahu anda masih kaku dan kurang bisa terbuka lebar.

 

  • Supine Twist – Reclining Twist
gerakan yoga - reclining twist

Reclining Twist

Saat berbaring sambil melipat kedua kaki ke samping, buka dada dengan merentangkan kedua lengan dan biarkan bagian dalam bahu teregang secara alami.

 

Selain latihan yoga, menggunakan smartphone dan tablet secara bijak juga bisa mengendurkan ketegangan leher. Ahli kiroprakter dari Florida, Dean Fishman, menggunakan istilah text neck sebagai bentuk baru kondisi ketegangan leher akibat terlalu lama menunduk saat menggunakan smartphone.

 

Untuk mengatasinya, coba gunakan penyangga tablet di atas permukaan datar sehingga posisi badan jadi ergonomis dan anda tidak perlu membungkuk lama. Saat menggunakan smartphone, jangan terlalu asyik sehingga anda tidak mengangkat kepala sedikitpun. Cobalah berganti posisi atau duduk tegak di tempat bersandaran saat harus menggunakan tablet dan smartphone dalam waktu lama.