Betapa Mudahnya Menghilangkan Jerawat dengan Senam Yoga

Sepertinya tidak ada yang tidak bisa dilakukan oleh senam yoga. Siapa sangka coba kalau olahraga satu ini ternyata juga bisa diandalkan untuk menghilangkan jerawat?

 

Anda yang dalam keseharian selalu bergumul soal cara menghilangkan jerawat, pasti tahu betapa stresnya kalau iritasi kulit satu ini tak kunjung hilang. Padahal Anda mungkin sudah mencoba berbagai macam pengobatan, entah itu dengan pergi ke dokter, menggunakan perawatan komplit ala Korea, minum antibiotik, dan lain sebagainya.

 

Yang lebih memprihatinkan lagi adalah ketika semua metode menghilangkan jerawat tak ada yang berhasil, maka kita biasanya jadi semakin stres. Padahal kita tahu bersama kalau selain hormon, stres adalah salah satu pemicu munculnya jerawat. Kondisi ini akhirnya membuat siklus penderitaan kita akibat jerawat serasa tak ada habisnya.

 

Namun, berita gembira datang untuk Anda para pecinta yoga. Anda bisa memanfaatkan beberapa pose yoga untuk menyingkirkan jerawat yang selama ini betah berlama-lama di permukaan kulit. Pertanyaannya sekarang, bagaimana bisa senam yoga menghilangkan jerawat? Untuk menjawabnya, mari kita simak beberapa fakta berikut:

 

1. Yoga membantu menyeimbangkan kadar hormon dalam tubuh secara alami

Seperti disebutkan sebelumnya, hormon merupakan salah satu tersangka utama mengapa sampai timbul jerawat di wajah kita, khususnya bagian dagu dan sekitarnya. Oleh karena itu, hormon perlu ditertibkan dan diseimbangkan kadarnya dengan melakukan beberapa pose yang membuat badan berada dalam posisi ‘terbalik’. Beberapa pose yang bisa Anda coba antara lain seperti twists, locust, plow, atau headstand.

Semua pose inversi ini membuat aliran darah berbalik arah sehingga menguntungkan tiroid, jantung, serta paru-paru, yang mana semua organ tersebut memegang peranan penting bagi keseimbangan hormon.

 

menghilangkan jerawat dengan yoga2. Yoga meningkatkan metabolisme dan pencernaan

Yoga juga membantu memperbaiki serta meningkatkan metabolisme tubuh sehingga kalau pencernaan sehat, maka otomatis nutrisi terpenuhi. Ini membuat bukan hanya kulit wajah saja yang bebas iritasi.

Selain itu, beberapa gerakan yoga terkait pencernaan seperti triangle, wind-relieving, staff, maupun revolved lunge, juga membuat kita lebih berhati-hati dalam memilih menu makanan. Keinginan akan makanan manis pun juga berkurang sehingga kulit terjaga kesehatannya.

 

3. Yoga membuat tidur jadi lebih nyenyak

Kualitas tidur yang baik tak hanya membuat kita rileks dan lebih berenergi pada keesokan harinya, namun juga dapat menyeimbangkan kadar hormon; meningkatkan fokus, performa, maupun kreativitas. Karenanya tidak ada salahnya kalau sebelum tidur, kita berlatih sebentar agar tampilan kulit lebih kinclong pada besok hari. Untuk pose yoganya, Anda bisa mencoba standing forward fold, triangle, shoulder stand, plow pose, headstand, dan tentunya, savasana.

 

4. Yoga membantu menstabilkan emosi dan mood

Sedikit-banyak, emosi memang memengaruhi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Kalau hati yang gembira bisa jadi obat yang manjur, maka sebaliknya, emosi negatif justru berpotensi mengacaukan hormon. Jungkir-baliknya hormon tak sekedar meningkatkan kortisol saja (hormon stres), namun juga bisa merusak organ vital seperti hati, ginjal, dan kelenjar adrenalin.

Dan bicara soal menstabilkan emosi, maka pose seperti tree, warrior 1, seated forward bend, cobra, serta child adalah jagonya. Namun kalau Anda tak punya waktu untuk melakukannya, maka cukup duduk dan tarik nafas dalam saja karena itu sudah cukup memperbaiki mood.

 

5. Yoga membantu mengatasi stres

Kita sudah menyinggung sejenak mengenai stres sebagai pemicu jerawat. Dan untuk meredakannya, Anda tak perlu menunggu hingga jam pulang kantor. Bahkan di tempat kerjapun, Anda bisa melakukan pose seated crescent moon, extended mountain, upward-facing, extended side angle, forward fold, dan seated twist. Nanti di rumah, baru Anda bisa melanjutkan pose penghalau stres lainnya seperti angle, legs-up-the wall, serta savasana.

 

Nah kalau beberapa faktor penyebab munculnya jerawat tadi sudah berhasil ditaklukkan, maka bukan tidak mungkin kalau yoga dapat menghilangkan jerawat dalam beberapa hari saja. Mari kita coba dan buktikan sendiri hasilnya!