8 Tips Yoga Pemula di Kelas Baru

Ada banyak alasan mengapa seseorang memulai latihan yoga. Bisa jadi karena ia ingin memiliki tubuh yang fleksibel, atau hanya sekedar ingin sembuh dari cedera. Alasan lainnya adalah untuk meredakan stres.

Untungnya tak pernah ada kata terlambat untuk memulai yoga. Yoga pemula bisa mulai latihan kapan saja ia mau. Dan ia juga tak perlu terintimidasi dengan kehebatan orang lain yang berhasil melakukan pose sulit. Mengapa? Karena yoga adalah ‘pengalaman’ pribadi.

Jadi kalau Anda bersedia belajar hal baru serta mau sabar dengan prosesnya, maka ikuti beberapa tips berikut supaya tidak canggung saat menghadiri kelas pertama nanti.

 

1. Persiapan fisik

Soal ini, hal pertama yang perlu diingat adalah jangan memakai wewangian atau lainnya yang bisa membuat orang lain alergi dan mengeluh. Sebagai yoga pemula, Anda tentu ingin disambut dengan baik kan di kelas yang baru? Selain itu, pastikan tubuh juga siap untuk latihan. Makanlah secukupnya (jangan terlalu berat) 1-2 jam sebelum latihan agar tubuh berenergi.

 

yoga bagi pemula2. Pikiran juga harus dipersiapkan

Walau tubuh penting, namun dalam olahraga yoga, pikiran adalah yang terutama. Anda harus bersedia melepaskan kendali dan tampil apa adanya. Jangan takut salah dalam melakukan gerakan. Ingatlah bahwa semua pemula yoga pasti pernah melewati tahap ini juga dulunya.

Kalaupun ada orang yang mencemooh gerakan Anda, tak perlu masukkan itu dalam hati. Anggap saja ia sedang mengalami hari buruk di rumah atau kantornya. Tetaplah berfokus pada diri sendiri dan lakukan yang terbaik. Hindari memaksa diri juga agar tubuh tak sampai cedera.

Yang terakhir, pilihlah waktu latihan terbaik. Jangan mendaftar kelas yang bikin buru-buru. Misalnya waktu selesai kerja jam 5 sore, hindari mendaftar kelas pukul 5.30. Berikan waktu istirahat karena ada banyak hal yang pasti perlu dilakukan usai pulang kerja, apakah itu dengan minum air, memarkir mobil, pergi ke kamar mandi, dan lain sebagainya.

 

3. Lakukan riset

Jika ada begitu banyak kelas yoga, maka lakukan riset sebelum memilih. Cari tahu guru atau kelas mana yang terbaik untuk yoga pemula. Tanyakan lebih lanjut tentang penawaran apa saja di kelas itu, karena beda kelas biasanya beda pula jenis yoganya.

 

4. ”Saya pemula yoga.”

Ketika sudah bergabung dengan kelas baru, jangan lupa perkenalkan diri dulu khususnya pada sang guru. Tak perlu segan mengakui kalau Anda pemula yoga yang memiliki background A, kebutuhan B, dan harapan C saat menghadiri kelas tersebut. Dengan begitu, ia akan siap untuk membantu.

 

5. Ketahui kalau inilah yang biasanya terjadi di kelas

Walau gaya latihan yoga setiap kelas berbeda, namun kebanyakan akan memulai dengan pemanasan, latihan inti, stretching, dan pendinginan atau savasana.

Dan adalah wajar bila pada mulanya Anda bingung harus lunge dengan kaki kanan atau kiri di depan. Tidak masalah, yang penting nikmati saja prosesnya.

 

6. Bagaimana kalau harus pergi di tengah latihan?

Pertama, bukan hanya Anda seorang yang pernah melakukannya. Banyak yoga pemula juga seperti itu. Maklum saja yang namanya urusan mendadak terkadang memang tak bisa dihindari kan? Kedua, beritahukan itu pada guru yoga.

Dan bila Anda harus buang air kecil, lakukan, jangan tahan karena itu takkan membuat nyaman saat latihan.

 

7. Pakai baju apa ya?

Tidak ada seragam khusus yang harus dipakai yoga pemula ketika latihan. Semua pakaian yang nyaman dipakai bisa diterima asal itu sopan. Jangan sampai kaos terlalu longgar sehingga bagian tubuh atas terekspos ketika harus melakukan downward dog. Dan juga tanggalkan semua perhiasan sebisa mungkin, begitu pula dengan kaos kaki agar tidak licin.

 

8. Beli matras yang berkualitas

Saat mencari matras yoga, jangan mencari yang sekedar murah saja, namun pastikan kalau itu berkualitas. Lebih baik membeli matras berkualitas yang tahan lama kan daripada alas yoga murahan tapi gampang rusak?