7 Posisi Yoga Untuk Morning Stretch dari Guru Yoga yang Top

Apakah Anda sering mengalami momen pagi hari semacam ini: jam sudah mepet, tapi rasanya tak ingin bangun dari tempat tidur?! Well, gampang saja. Untuk menaklukkan rasa malas bangun semacam itu, Anda cukup perlu melakukan morning stretch.

Tidak seperti olahraga, morning stretch bisa dilakukan di atas ranjang – sambil berleha-leha – dan ya, hanya butuh waktu beberapa menit saja. Buat yang bingung harus stretching pakai jurus apa, yuk intip 7 inspirasi pose morning stretch yang dibagikan beberapa guru yoga berikut:

 

1.Cow Face Pose (Gomukhasana)

7 Posisi Yoga Untuk Morning Stretch dari Guru Yoga yang Top 1Pose morning stretch yang pertama ini merupakan jurus andalan Eoin Finn, si pendiri Blissology Yoga. Menurut beliau, pose yang handal melemaskan pinggul dan punggung bawah ini tak hanya melibatkan asana, tapi juga meditasi dan pranayama.

Saat memulainya, duduklah bersila lalu putar tubuh ke salah satu sisi, tahan selama 5 menit sebelum ganti sisi satunya. Lakukan sambil menarik nafas panjang dan dalam.

 

2.Sun Salutations

7 Posisi Yoga Untuk Morning Stretch dari Guru Yoga yang Top 2Anda yang rutin memulai hari dengan yoga dan meditasi bisa mencoba mengawalinya dengan Sun Salutations. Rangkaian seri gerakan ini merupakan paket lengkap karena melibatkan kekuatan dan fleksibelitas sehingga tak hanya mampu menyegarkan tubuh, tapi juga bikin mata melek.

Kino MacGregor (pendiri Omstars) biasa memulai rangkaian gerakan ini dengan Mountain Pose (Tadasana) lebih dulu. Setelah itu, sambil mengembuskan nafas, beliaupun melanjutkan dengan Four-Limbed Staff Pose (Chaturanga Dandasana).

Pada tarikan nafas berikutnya, pose Upward-Facing Dog (Urdhva Mukha Svanasana) dipraktekkan untuk membuka area jantung. Dan ketika mengembuskan nafas lagi, pinggul tinggal diangkat ke atas sehingga membentuk Downward-Facing Dog (Adho Mukha Svanasana). Pasca bertahan dalam pose ini selama 5 hitungan nafas, kedua kaki kemudian didaratkan di antara tangan sambil menarik nafas. Terakhir, tarik nafas sambil kembali berdiri melakukan Tadasana.

 

3.Downward Facing Dog (Adho Mukha Svanasana)

7 Posisi Yoga Untuk Morning Stretch dari Guru Yoga yang Top 3Aduh, tapi bagaimana dong kalau alternatif pose morning stretch nomor 2 tadi tampaknya terlalu ribet dan lama?! It’s ok, Anda boleh kok hanya mencomot gerakan yoga Downward Facing Dog saja.

Kia Miller selaku pencipta Radiant Body Yoga melakukannya. Beliau bahkan juga menerapkan pose yoga ini kapanpun merasa loyo, atau sebaliknya sewaktu stres. Manfaat sampingan gerakan ini tak hanya menyegarkan tubuh bagian atas saja, tapi juga menghangatkan bahu, serta meregangkan hamstring dan punggung bawah. Asyik kan?!

 

4.Seated Twist dan Shoulder Stretching

7 Posisi Yoga Untuk Morning Stretch dari Guru Yoga yang Top 4Bangun kepagian dan bingung mesti ngapain? Coba lakukan jurus morning stretch ala Mary Beth LaRue (salah satu pendiri Rock Your Bliss) ini. Mulailah dengan posisi duduk yang nyaman sambil bermeditasi selama 11 menit. Selanjutnya tarik nafas lalu rentangkan lengan ke atas kepala, bengkokkan tubuh sedikit ke kanan sambil meletakkan tangan kanan di paha kiri (posisi tangan kiri tetap terentang di atas kepala). Angkat dada ke atas selagi mengembuskan nafas. Ulangi untuk tangan satunya setelah berdiam dalam posisi tadi selama beberapa kali hitungan nafas.

 

5.Reclined Spinal Twist

gerakan yoga dan yoga poseNah buat yang malas beranjak dari tempat tidur, Reclined Spinal Twist bisa jadi solusinya. Geser badan sedikit mendekati ujung kiri ranjang. Selanjutnya, tekuk lutut kanan mendekati dada, lalu silangkan ke sisi kiri tubuh. Gelengkan kepala ke kanan dan tahan posisi ini selama 5 hitungan nafas dalam. Ulangi untuk kaki satunya.

Menurut Rina Jakubowics, sang pendiri Rina Yoga, membiarkan lutut bergelantungan di ujung ranjang dapat memperdalam stretching sehingga tubuh jadi aware seketika.

 

6.Supine Bharadvajasana

7 Posisi Yoga Untuk Morning Stretch dari Guru Yoga yang Top 5Ketika ditanya soal pose morning stretch favoritnya, Sage Rountree selaku penulis Everyday Yoga dan Lifelong Yoga menjawab lantang: “Supine Bharadvajasana”. Sama seperti kebanyakan kita, Sage juga suka berleha-leha selama beberapa menit di atas ranjang saat baru bangun. Momen tersebut dimanfaatkannya untuk melakukan Supine Bharadvajasana.

Guna mempraktekkannya, berbaringlah terlentang dengan kaki ditekuk 90’. Rilekskan lengan di atas kepala lalu jatuhkan lutut ke kanan. Guna memperdalam stretching, silangkan pergelangan kaki kiri di atas lutut kanan selama beberapa kali hitungan nafas. Lakukan pula untuk kaki satunya.

 

7.Sleeping Hero Pose (Supta Virasana)

7 Posisi Yoga Untuk Morning Stretch dari Guru Yoga yang Top 6Pose morning stretch yang digemari Larissa Hall Carlson (pakar Ayurvedic Yoga) ini ampuh membuka jantung dan paru-paru, perut, serta mengendurkan otot paha setelah tidur semalaman. Di samping itu, gerakan ini juga mampu mengurangi bengkak, menyegarkan badan, serta mengaktifkan pencernaan.

Dalam prakteknya, Anda tinggal berbaring terlentang. Tekuk setiap kaki sehingga posisinya dekat dengan pinggul. Jalin jari tangan lalu rentangkan tangan ke atas kepala. Arahkan dagu ke dada, tutup mata, rilekskan rahang, kemudian tarik nafas panjang dan dalam. Selesai!

Jadi kira-kira mana nih pose morning stretch yang ingin Anda coba duluan?!