7 Multi Fungsi Yoga Mat Sebagai Olahraga Kardio

Anda mempunyai matras yoga?  Untuk apa saja matras yoga digunakan?  Yoga? Ataukah matras juga dipakai sebagai tikar lesehan saat teman Anda mampir ke rumah? Bicara tentang imajinasi aktifitas apa yang dapat dilakukan menggunakan yoga mat akan sangat seru!

Sebagai contoh, apabila Anda tidak sempat atau  tidak ingin pergi ke gym, apalagi pada masa pandemi ini,  Anda dapat melakukan latihan olahraga kardio  dengan menggunakan berat tubuh tanpa barbel, dan dengan matras yoga! Bahkan, ada setidaknya 7 macam latihan di rumah yang dapat Anda lakukan hanya dengan matras yoga.

7 Multi fungsi Yoga Mat untuk olahraga Kardio

Baru-baru ini, dengan adanya pandemi Coronavirus COVID-19, kebersihan dan jarak sosial harus terus dijaga, dan tetap aktif dan sehat adalah hal yang terpenting,  sehinga  meningkatkan sistem kekebalan tubuh!

Berikut adalah 7 multi fungsi bagaimana Anda dapat menggunakan matras yoga untuk berbagai macam olahraga kardio:

Yoga

Hal terbaik yang Anda lakukan dengan yoga mat Anda adalah menggunakannya untuk tujuan yang dimaksudkan – yaitu berlatih yoga!

Yoga adalah latihan olah tubuh tertua dan mempunyai banyak variasi.  Anda dapat berlatih olahraga kardio dengan melakukan  Ashtanga, Vinyasa dan Power yoga.  Apabila ingin yang lebih santai, dapat melakukan Kripalu atau Yin yoga.

Pilates

Pilates adalah latihan yang sangat populer dan dapat dilakukan dengan “stability ball” atau hanya menggunakan berat badan Anda (dan matras  yoga). Rutinitas Pilates menggabungkan kekuatan, fleksibilitas, dan latihan olahraga kardio bersama dalam satu latihan yang sangat efektif. Manfaat kesehatan termasuk postur yang lebih baik, sendi yang lebih kuat, dan pengkondisian seluruh tubuh.

Push Ups

Latihan push up sangat popular untuk mengencangkan otot dada serta lengan. Apabila dilakukan secara teratur, maka badan akan terbentuk dengan bagus dan proporsional.

7 Multi Fungsi Yoga Mat Sebagai Olahraga Kardio 1

Latihan menggunakan berat badan ini dapat dilakukan di mana saja... pada waktu nonton TV di rumah, dekat taman, atau di ruangan khusus. Push-up adalah latihan tubuh total, menarik bahu, punggung, dan dada Anda. Setelah Anda menguasai push-up dasar, Anda dapat beralih ke push-up satu lengan, push-up bertepuk tangan, dan bahkan push-up kombinasi plank.

Baca:   Masih Banyak Orang Takut Untuk Latihan Yoga

Cobalah sebanyak yang Anda bisa dalam satu set, atau lakukan 3 set masing-masing sekitar 20x. Push up juga termasuk olahraga kardio apabila dilakukan beberapa set secara cepat.

Lower Body Circuit

Lakukan gerakan Pendaki Gunung - yaitu gerakan dimana Anda mulai dalam posisi push up pada posisi tangan lurus (badan atas naik). Bawa satu kaki ke depan ke dada, lalu kembalikan saat Anda menarik yang lain ke depan. Lakukan ini dengan cepat di mana saja antara 50 dan 80 repetisi.

Squats Bodyweight

Berdirilah dengan kedua kaki selebar  bahu. Dengan tangan di depan dada atau di belakang kepala, turunkan tubuh ke posisi jongkok, jaga tulang punggung tetap lurus, sampai paha depan Anda sejajar dengan lantai. Lakukan sekitar 20-30 repetisi.

Single-Leg Glute Bridge

Berbaring rata di punggung dan berada di atas matras yoga. Jagalah punggung atas berada tetap di atas matras, rentangkan satu kaki ke keatas sambil menjaga kaki lainnya tetap diatas matras. Angkat bokong Anda dan rasakan kontraksi otot bagian glute (bokong).

Latihan Plank

Rekor dunia untuk posisi plank saat ini adalah 5 jam dan 15 menit.  Anda tentu tidak usah menirunya, dan dapat mencoba menahan selama 1-2 menit saja.

Dukung berat badan Anda dengan lengan sejajar dengan siku.  Luruskan badan Anda dan  jari kaki Anda mendukung tubuh bagian bawah.  Tarik bagian pusar ke tulang belakang Anda.  Latihan ini sangat baik untuk mendapatkan bagian perut menjadi rata.

Mempunyai matras yoga memang multi-purpose. Artinya, tidak hanya untuk berlatih yoga saja. Tetapi Anda dapat berlatih olahraga lainnya.

Matras yoga yang cocok untuk berlatih olahraga lain adalah:

Baca:   Tips Memilih Yoga Mat Sesuai Kepribadian

List yoga mat diatas rata-rata mempunyai tebal 4mm, sehingga memberikan bantalan dan densitas yang baik.

Anda masih penasaran olahraga macam apa yang dapat Anda lakukan di masa PSBB atau pandemi ini dengan yoga mat? Simak gerakan aerobik untuk olahraga kardio dari Rowan Row. Anda dapat melihatnya di Youtube TV dan sediakan mat anda untuk berolahraga.

Rowan Row - 10 Minutes Burning Morning Routine