Tidak Semua Senam Yoga Diciptakan Sama

Anda mengatakan Ashtanga, tetapi saya mengatakan Kundalini. Apakah perbedaannya? Gunakan guidance ini untuk menemukan aliran yoga / latihan yoga yang cocok bagi pribadi Anda….

 

Cukup banyak studi menemukan latihan/ senam yoga memberikan berbagai macam keuntungan kesehatan.  Yoga yang berumur ratusan tahun dari old Eastern Philosophy telah  menjadi “soul mate” dari berbagai macam aktifitas di berbagai macam bidang olahraga (lari, sepeda, berenang, dsb).

 

bikram yoga - bahayaPengagum yoga juga terus bertambah, dari kelas eksekutif berdasi yang menginginkan supaya terlihat sehat dan segar sampai dengan kaum selebritas yang sangat mementingkan badan langsing.  Para atlitpun menoleh ke yoga dan memasuk-kan pada bagian latihan rutin supaya mendapatkan keseimbangan  mind-body dan mencegah kecelakaan pada otot dan tulang belakang.

 

Namun, sebenarnya yoga bukan hanya untuk kesehatan fisik saja, tetapi lebih dari itu. Dengan berlatih yoga secara regular, anda akan sangat surprise karena mendapatkan hal yang lebih dari sekedar badan yang kuat, sehat dan fleksibel.

 

Orang Amerika biasanya mencoba berlatih yoga untuk mendapatkan kesehatan pada awalnya.  Namun berlatih yoga akan juga mendapatkan mind-body-awareness, seperti yang diutarakan oleh Beryl Bender Birch, guru dan New York.   Birch mengatakan: “Healing and Balancing the physical body helps bring clarity and focus to the mind as well”.  Jadi pada dasarnya tidak hanya fisik saja yang menjadi baik, tetapi juga pikiran!

 

Apabila ditelisik,  awal tujuan utama latihan/senam yoga adalah mendapatkan kesadaran spiritual (spiritual enlightment). Di Sanskrit (bahasa tertua di India), yoga diartikan “yoke” atau “union”, memberikan ilustrasi balancing tubuh dan pikiran menjadi satu kesatuan.

 

Untuk mendapatkan tujuan dari yoga yang cocok bagi pribadi anda, bisa dicoba untuk membuat list apa yang ingin dituju. Apakah anda mencari keringat dan tubuh langsing, ataukah anda ingin badan lebih lentur dan mendapatkan ketenangan?

 

“Tidak semua latihan yoga mempunyai kesamaaan !”, kata Bender Birch.  Ada banyak yang versi yoga yang menyilang satu dengan lainnya, mempunyai perbedaan, dan cara pengajaran.

 

beryl birch - power yogaBeryl Bender Birch, founder and director of The Hard & The Soft Yoga Institute and the Give Back Yoga Foundation (GBYF), has been studying and teaching yoga and meditation for over 40 years. She graduated from Syracuse University with a degree in philosophy and English and traveled to India in 1974 to further her studies. She began training yoga teachers as spiritual revolutionaries (bringing together spiritual practice and social activism) in l980.