6 Manfaat Prenatal Yoga Saat Hamil

ibu hamil

Ingin kehamilan berjalan sehat dan juga happy? Jangan lupa libatkan prenatal yoga sebagai salah satu aktivitas saat hamil.

Faktanya, manfaat yoga untuk hamil tak terbatas pada kesehatan fisik bumil saja, tapi juga mentalnya. Untuk tahu lebih lanjut apa saja manfaat yoga untuk hamil itu, mari kita simak beberapa poin berikut:

Prenatal Yoga Menyokong Perubahan Tubuh

progres kehamilan

“Tubuh manusia sebenarnya selalu mengalami perubahan”, ujar Jane Austin selaku guru sekaligus pendiri sekolah prenatal yoga Mama Tree. Namun ketika sedang berbadan 2, tubuh mengalami perubahan cukup drastis sehingga butuh sokongan, dan prenatal yoga mampu mewujudkan itu.

Mempersiapkan Otot Untuk Proses Melahirkan

prenetal yoga

“Manfaat yoga untuk hamil selanjutnya adalah membantu mempersiapkan otot-otot yang bakal dipakai untuk melahirkan nanti, seperti otot panggul dasar, pinggul, serta perut”, terang Liz Owen, salah satu pengarang Yoga for a Healthy Lower back: A Practical Guide to Developing Strength and Relieving Pain. Dalam hal ini, otot-otot tersebut harus seimbang antara panjang maupun kekuatannya – tidak boleh terlalu kendur atau ketat.

Mempraktekkan pose seperti lunge dan backbend ringan dijumpai mampu meminimalisir sakit ketika persalinan. Aktivitas saat hamil seperti yoga jugalah yang dinilai efektif mempercepat pemulihan otot pasca melahirkan.

Prenatal Yoga Menyiapkan Mental Menjelang Persalinan

prenetal yoga

Sasaran utama kelas prenatal yoga yang diadakan Jane adalah meyakinkan bumil bahwa tubuhnya pasti siap bila sudah tiba waktunya untuk melahirkan.

Guru yoga yang berdomisili di San Fransisco tersebut berpendapat,”jika ibu hamil takut, maka otot akan mengencang, dan inilah yang memicu rasa sakit.

Sebaliknya, latihan yoga untuk hamil dengan teknik pernafasan yang tepat bisa membantu tubuh serta pikiran rileks sehingga rasa sakit dapat berkurang.”

Meningkatkan Keintiman Dengan Bayi

ibu hamil - prenatal yoga

Seiring bertambah besarnya fundus perut, tubuh tentu memberikan reaksi berbeda pula pada pose yoga yang dilakukan. Di tengah-tengah kesibukan, reaksi itulah yang mengingatkan soal keberadaan janin yang kian lama semakin bertambah besar dalam rahimnya. Dengan begitu, ibu hamil diingatkan untuk rutin istirahat guna mengurus dirinya dan membangun keintiman dengan sang janin.

Meredakan Ketidaknyamanan

sakit pinggang saat hamil

Kebanyakan kasus kehamilan identik dengan nyeri punggung bawah, mual, insomnia, sakit kepala, nafas pendek, atau bahkan Carpal Tunnel Syndrome. Untungnya, itu semua dapat dihindarkan dengan melakukan prenatal yoga.

Beragam pose prenatal yoga yang membuat otot meregang serta mengencang juga mampu memperlancar peredaran darah ke seluruh tubuh. Selain itu, teknik pernafasan dalam ketika latihan juga efektif menyuplai oksigen ke janin maupun otot tubuh.

Hasil studi 2012 yang dilakukan Universitas Michigan menemukan yoga yang dikombinasikan dengan pose dan meditasi, sanggup meredakan depresi sewaktu mengandung.

Memang sih tak semua keluhan pasti hilang, tapi pendekatan multidimensional dari yoga tentu ampuh untuk meredakan ketidaknyamanan.

Menyehatkan Kandungan

healthy pregnancy

Ibu yang sehat memiliki peluang lebih besar melahirkan bayi yang sehat. Faktanya, hasil studi tahun 2012 menyimpulkan ibu hamil yang rutin berlatih yoga memiliki risiko lebih kecil melahirkan bayi prematur atau bayi dengan berat badan rendah.

Jadi itulah tadi beberapa manfaat yoga untuk hamil yang dapat kami sampaikan. Semoga bumil sehat selalu!