5 Manfaat Yoga yang Mengejutkan

Yoga teleh dikenal dalam meningkatkan fleksibilitas, kekuatan dan menurunkan stres. Yoga, dengan pengaturan nafasnya, dapat meningkatkan ketenangan dalam diri anda. Tetapi anda perlu mengetahui beberapa manfaat yoga lain yang bisa anda dapat dari senam yoga. Beberapa manfaat yoga ini bisa membantu anda di dapur, kantor, dan bahkan di tempat tidur.

 

                                                                                

1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Dalam sebuah penelitian terbaru di Norwegia, didapati bahwa latihan yoga bisa meningkatkan kekebalan tubuh dalam tingkat sel. Dalam penelitian antara seseorang yang berlatih yoga dan yang berolahraga mendaki sambil mendengarkan musik, didapati bahwa peningkatan kekebalan tubuh dalam tingkat sel didapat lebih banyak untuk orang yang latihan yoga. Seorang instruktur yoga, Mitchel Bleier, yang telah mengajar selama 18 tahun dan memiliki Yogapata di Cooecticut berkata bahwa yoga dapat meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. “Saat pernafasan anda lebih baik, bergerak lebih baik dan sirkulasi darah lebih baik, semua organ tubuh anda akan berfungsi lebih baik.”

 

manfaat yoga bagi tubuh 

Dalam sebuah penilitian menunjukkan bahwa penderita migrain yang berlatih yoga selama 3 bulan mengalami penurunan sakit migrain. Kemungkinan dari migrain adalah kombinasi dari stres dan ketidakseimbangan fisik. Misalkan seseorang yang berada di depan komputer terus menerus dengan bahu tegak dan punggung tegak yang kaku, bisa menimbulkan keseimbangan otot yang dapat mengakibatkan migrain.

 

3. Meningkatkan Performa Seks

 

Bleier mengatakan bahwa latihan yoga bisa meningkatkan peredaran darah ke alat kelamin sehingga bisa meningkatkan performa seks seseorang. Hal ini dibuktikan dengan adanya penelitian orang yang berlatih yoga dalam 12 minggu mengalami peningkatan keinginan seks, performa, kepercayaan, orgasme dan kepuasan pada laki-laki dan perempuan. Selain itu, adanya pengaturan nafas dan pikiran dalam latihan juga juga dapat meningkatkan performa.

 

4. Membantu Tidur lebih Lelap

 

Penelitian dari Harvard menunjukkan bahwa pelatihan yoga secara rutin setiap hari selama 8 minggu menunjukkan adanya peningkatan tidur untuk penderita insomnia. Penelitian lain menunjukkan bahwa pelatihan yoga secara rutin selama 2 hari seminggu telah membantu penderita kanker untuk tidur lebih baik dan mengurang kepenatan. Kesulitan tidur, kata Bleier, bisa disebabkan karena kegelisahan. Seseorang tidak tahu bagaimana cara untuk rileks. Karena itu, latihan yoga dengan pengaturan nafas dan pikiran, dapat membantu seseorang untuk berfikir lebih pelan dan tidur lebih baik.

 

5. Mengurangi Rasa Ingin Makan yang Berlebihan

 

Penelitian di Universitas Washington menunjukkan bahwa latihan yoga secara rutin dapat mengontrol nafas, sehingga mengontrol pikiran, dan dapat meningkatkan kesadaran untuk membuat pilihan dalam hal makanan. Saat keinginan untuk makan datang, pikiran mampu berfikir lebih jernih dan memilah antara kebutuhan dan keinginan yang berlebih untuk makan.

Beberapa manfaat tersebut pastinya akan memukau anda. Dengan latihan rutin, anda bisa mendapatkan banyak manfaat seperti disebutkan di atas. Kontrol pernafasan, pikiran, penarikan otot adalah kunci dari yoga untuk menjaga kesehatan anda.

 

Pose Yoga yang berhubungan dengan manfaat yoga diatas:

Beberapa pose yang bisa anda coba untuk berlatih yoga diantaranya adalah Surya Namaskar (terdiri dari 8 pose untuk meningkatkan sirkulasi dan mengeluarkan keringat) – Meningkatkan Kekebalan Tubuh.

Setu Bandha Sarvangasana – Bridge Pose (untuk meredakan Migrain), Baddha Konasana – Bound Angle Pose (untuk meningkatkan kinerja otot yang membantu orgasme), Savasana – Corpse Pose (pose terakhir untuk membuat rileks badan dan membantu tidur), dan Meditasi (fokus pada pernafasan).

 

Pose-pose tersebut tidak memerlukan waktu yang lama untuk dilakukan. Anda bahkan bisa melakukannya sendiri dirumah. Tetapi untuk anda yang baru mulai, sebaiknya anda berlatih yoga dengan instruktur untuk mendapatkan pose yang tepat. Dan selanjutnya, untuk mendapatkan banyak manfaat kesehatan.

 

By Kristen Domonell