9 Yoga Pose yang Wajib Anda Ketahui

Yoga adalah olahraga simpel dan menyehatkan. Ada banyak style atau pose yoga yang dapat dilakukan guna meningkatkan stamina, fleksibilitas, dan juga keseimbangan badan. Semua jenis olahraga yoga akan menghilangkan ketegangan pada tubuh serta memberikan rasa damai pada pikiran dan membantu seseorang untuk lebih rileks. Ada 9 pilihan yoga pose yang dapat ditekuni untuk kesehatan maksimal.

 

9 Yoga Pose tersebut adalah sebagai berikut:

 

Pose ini dapat menjadi sebuah aktifitas yoga yang menantang bagi semua usia, terutama para wanita. Dengan bergabung pada kelas ini, seseorang akan melakukan sebuah seri nonstop dari pose yoga yang diajarkan. Jenis ini mengaplikasikan teknik bernafas yang unik dan akan membantu meningkatkan fokus pikiran.

 

Dengan pose yoga ini, seseorang harus melakukan sekuel dari 26 yoga pose di sebuah ruangan yang bertemperatur tinggi sekitar 42 derajat C. Akan tetapi orang dengan penyakit diabetes dan hipertensi tidak dianjurkan untuk melakukan yoga jenis ini. Konsultasi pada ahli kesehatan amat direkomendasikan.

 

  • Hatha Yoga

Yang dimaksud dengan Hatha yoga adalah mengenai jenis olahraga fisik yang melibatkan lebih dari teknik bernafas saja. Seringkali orang akan menkombinasikan beberapa pose pada jenis yoga ini. Pose ini adalah yang paling diminati oleh para pemula dalam yoga.

 

Jenis pose yoga Iyengar termasuk dalam kategori yoga yang amat lembut dan ringan untuk dilakukan. Jenis yoga ini tergolong berorientasi pada detail dan juga gerakan yang ringan saja. Mereka yang baru pertama kali mencoba yoga pasti amat menyukai yoga pose dan jenis ini.

 

yoga pose

Pose yoga Kripalu juga tergolong sebuah gerakan yang ringan untuk dilakukan. Jenis yoga Kripalu dimulai dengan gerakan-gerakan yang pelan untuk menghasilkan keringat. Semakin lama, proses gerakan akan naik 3 tingkat. Manfaat dari pose ini adalah untuk mempertajam pikiran.

 

Yang orang ketahui mengenai yoga pose Kundalini adalah sifatnya yang lebih filosofis dan juga spiritual. Pose ini menyertakan beberapa teknik bernafas, meditasi, dan beragam postur-postur yang sudah ditentukan.

 

  • Power Yoga

Yoga power merupakan salah satu jenis yoga yang tergolong paling atletis. Tidak banyak yang menyukai pose ini karena melibatkan beberapa gerakan yang membuat capek. Namun efeknya baik untuk kekuatan dan keseimbangan tubuh.

 

Seseorang harus melakukan 13 pose dan berbarin untuk melakukan yoga Sivananda. Jenis ini dapat segera diadaptasi untuk orang yang memiliki kemampuan fisik yang berbeda-beda.

 

Pada pose ini, seseorang fokus pada bagaimana mereka bernafas pada tiap gerakan yang dilakukan. Yoga ini amat cocok untuk menyembuhkan luka dan relaksasi.

 

Dari sekian banyak yoga pose diatas, seseorang dapat memilih satu yang dia anggap amat cocok untuk bagi kebutuhan tubuh mereka. Satu pose dapat dilakukan secara rutin atau dengan mengkombinasikannya dengan beberapa pose lain.

Tags: