5 faktor penting untuk memilih yoga mat

[vc_row][vc_column][vc_column_text]Salah satu hal terbaik tentang yoga adalah bahwa Anda dapat melakukannya di mana pun dan praktis kapan saja. Namun, dengan menggunakan yoga mat yang tepat, akan ada perbedaan antara sesi yoga yang biasa2 saja dan  sesi yoga yang sangat baik. Yoga mat adalah perangkat yang penting untuk membantu Anda berlatih yoga dengan aman dan lebih efektif.

 

yoga matYoga mat yang bagus akan memberikan kenyamanan, keseimbangan, dan stabilitas untuk meningkatkan latihan yoga Anda.  Mencari yoga mat terbaik untuk memenuhi kebutuhan anda tergantung pada jenis yoga yang Anda latih dan keadaan fisik anda secara keseluruhan.  Mencari Yoga Mat yang berkualitas ?

 

Yoga mat yang baik harus memiliki lima kualitas penting. Sifat-sifat ini adalah : stabilitas, support (dukungan mat pada tubuh), portabilitas (mudah dibawa-bawa), daya tahan, dan ramah lingkungan (eco friendly).

 

Stabilitas

Untuk memulai, yoga mat yang baik dapat mencegah untuk tidak tergelincir ketika Anda melakukan postur asana. Membeli yoga mat yang mempunyai karakter “sticky”/ lengket akan memecahkan masalah ini karena dapat memberikan anti-slip yang Anda butuhkan. Jika Anda memiliki kesempatan untuk mencoba, sebelum membeli cobalah untuk berbaring/ duduk atau melakukan asana yg sederhana untuk dapat merasakan apakah yoga mat yang akan dibeli cukup nyaman atau tidak.

Yogamat dengan stabilitas yang baik:

  • Tortue Habitat – 4mm (anti-slip – untuk keringat sedang sampai dengan banyak).
  • manduka PRO Series (manduka PRO dan PROlite)
  • Tortue Stickymat 4.5mm
  • eKOlite 4mm
  • Manduka – X
  • Manduka GRP

 

Support (mendukung)

Yoga mat Anda harus memberikan cukup bantalan (densitas) untuk mendukung tubuh Anda sehingga tidak merasakan kerasnya lantai. Ini berarti yoga mat yang mempunyai ketebalan yang tepat dan panjang yang sesuai dengan tinggi tubuh Anda.  Dimensi yoga mat harus sesuai dengan postur tubuh. Jenis lantai (apakah keramik atau kayu) juga akan mempengaruhi yoga mat yang Anda butuhkan. Sebagai contoh, yoga mat yang tebal akan lebih baik bagi permukaan keras seperti lantai keramik.

Yogamat dengan densitas diatas kelasnya:

  • Manduka PRO 6mm
  • Manduka GRP – anti slip
  • Manduka – X – 5mm

 

Portabilitas

Yoga mat harus portabel dan mudah dibersihkan. Beberapa disiplin yoga seperti Power Yoga dapat mengakibatkan banyak keringat selama latihan, sehingga anda harus mempertimbangkan yoga mat yang dapat dibersihkan dengan mudah. Lebih jauh lagi, portabilitas adalah faktor penting dalam memilih yoga mat Anda. Walaupun yoga mat yg lebih padat  memberikan durability yang baik, tetapi akan lebih berat untuk dibawa. Jika Anda berlatih yoga di rumah maka  hal ini tentunya bukan masalah. Namun, para yogi yang sering menghadiri kelas-kelas yoga harus mempertimbangkan yoga mat yang lebih ringan, portabel dan mudah dibawa.

Yogamat dengan portabilitas yang baik ditemukan pada:

  • Tortue Sticky mat (3mm – 1.1kg, 4.5mm – 1.3kg. Ringan serta mudah dibawa)
  • Manduka – X (athletic yogamat – 1.6kg)
  • Manduka Superlite – 1.5mm – 1 kg

 

Keawetan/ Durability

Yoga mat Anda harus cukup untuk bertahan lama untuk mendukung berjam-jam latihan yoga anda. Anda pastinya ingin memiliki yoga mat yang awet. Apakah yoga mat anda sekarang ini cepat lecet dan mempunyai bahan yang rontok dengan adanya pergeseran tangan/kaki? Apakah bahannya cukup tangguh untuk mendukung latihan yoga yang cukup advance? Hal ini adalah faktor pilihan yang penting.

Matras yoga dengan durability (keawetan) dapat anda temukan pada:

  • PRO Series Manduka (manduka PRO dan PROlite)
  • Tortue Stickymat (3mm dan 4.5mm)

 

 

Eco-Friendly / Ramah Lingkungan

Terakhir tapi jelas tidak kalah penting,  yoga mat harus dibuat dari bahan yang ramah lingkungan seperti karet alam dan pvc yang tidak mengandung toxic/racun. Anda mungkin akan membayar lebih untuk hal ini, tetapi yoga mat yang dapat didaur ulang dan tidak beracun tentunya lebih layak bukan? Yang sudah pasti, semua Manduka yoga mat dibuat dengan bahan yang dapat didaur ulang, dan sudah pasti ramah dengan lingkungan.

eCo Friendly yogamat anda dapat temukan pada:

  • Tortue Habitat (PU + Rubber)
  • eKO Series (eKolite 4mm, Superlite)

[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column][vc_text_separator title=”Related Articles” border_width=”5″][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column][vc_basic_grid post_type=”post” max_items=”3″ orderby=”rand” grid_id=”vc_gid:1542645198281-0b516eff-a256-10″][/vc_column][/vc_row]