Manfaat Yoga Bagi Tubuh

Saat ini, yoga sudah banyak diminati oleh orang-orang. Banyak sekali instruktur-instruktur dan kelas-kelas yang ditawarkan untuk peminat yoga. Selain tidak memerlukan tenaga dan waktu yang banyak, yoga mempunyai banyak manfaat untuk tubuh.

 

manfaat yogaYoga adalah salah satu cara berolahraga yang pas untuk melatih fleksibilitas dan kekuatan anda. Olahraga ini tidak hanya untuk orang-orang tertentu saja. Semua orang bisa melakukannya hanya dengan mengikuti kelas yoga. Beberapa kelas yoga, selain memberikan pose-pose tertentu, juga memberikan gerakan relaksasi. Ini akan sangat bagus untuk menjaga kesehatan anda. Pose-pose yang biasanya diberikan dalam kelas yoga disebut asanas. Pose ini dapat mengatur pernafasan anda. Jadi, dengan berlatih yoga, berarti anda dapat meningkatkan kesehatan anda.

 

Tingkatkan Kesehatan dan Kekuatan Anda Dengan Yoga

 

Pose-pose yang terdapat dalam yoga biasanya memerlukan penarikan otot anda. Penarikan otot dapat mengendurkan otot kaku anda. Untuk anda yang terlalu capek setelah bekerja seharian, yoga akan sangat cocok mengurangi capek anda. Dalam sebuah penelitian, terbukti bahwa seseorang mengalami peningkatan fleksibilitas sampai 35% setelah melakukan yoga selama 8 minggu.

 

Yoga tidak hanya tentang pose-pose relaksasi dan pengaturan nafas. Ada beberapa aliran yoga seperti ashtanga yang mengharuskan adanya penggunaan kekuatan dari anda. Dengan berlatih ini, anda bisa meningkatkan kinerja otot anda. Tidak hanya itu, beberapa aliran seperti lyengar dan hatha juga bisa meningkatkan kekuatan anda. Untuk beberapa pose yang mengharuskan anda berdiri dan menggunakan otot, anda bisa menahannya beberapa saat dalam nafas yang panjang. Ini akan meningkatkan kekuatan pada urat lutut dan bisep anda. Pose-pose tertentu juga dapat meningkatkan kekuatan punggung anda.

 

Banyak sekali saat ini kita jumpai anak muda yang kelihatan membungkuk. Entah karena terlalu lama main game, menggunakan komputer, atau karena terlalu lama duduk di dalam kelas. Hal ini bisa diperbaiki dengan berlatih yoga. Saat anda berlatih yoga, fleksibilitas dan kekuatan anda akan meningkat. Hal ini akan membuat postur anda menjadi lebih baik. Satu hal lagi, yoga akan membantu tubuh anda untuk merespon sesuatu lebih cepat. Gerakan reflek anda terhadap badan anda saat akan membungkuk, akan lebih cepat saat anda sudah berlatih yoga. Jadi postur tubuh anda akan selalu terjaga.

 

Yoga adalah tentang penarikan otot dan pengaturan nafas. Dengan berlatih yoga, anda akan terlatih untuk mengatur pernafasan anda. Instruktur anda akan melatih anda untuk mengatur nafas selama gerakan yoga sehingga walaupun anda tidak melakukan olahraga seperti berlari atau bersepeda, nafas anda akan tetap teratur dan anda dapat beristirahat lebih baik.

 

Banyak sekali saat ini di kota-kota besar, seperti di New York, orang-orang mengambil kelas yoga setelah pulang dari kantor. Hal ini sangat membantu untuk mengurangi stres yang didapat saat bekerja. Beberapa pose yoga seperti meditasi sangat membantu untuk pengaturan nafas dan pemfokusan pikiran anda sehingga anda bisa lebih tenang dan stres anda berkurang.

 

Yoga sudah sering dikenal untuk menurunkan tekanan darah. Untuk anda yang mempunyai penyakit jantung atau tekanan darah tinggi, yoga akan sangat membantu. Selain itu, yoga juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh anda.

 

Banyak sekali manfaat yoga untuk tubuh anda yang bisa didapat. Jika anda ingin beroalahraga yang tidak perlu menggunakan tenaga yang banyak, yoga bisa menjadi pilihan. Luangkan waktu anda untuk berlatih dan mengurangi stres rutinitas anda.

5 Manfaat Yoga Bagi Tubuh