3 Tip Yoga Sehat untuk Badan dan PIkiran

Latihan yoga telah menjadi lifestyle di Indonesia belakangan ini. Banyak acara dan sesi yoga digelar tiap bulan, dari event yang besar mencakup ratusan hingga puluhan peserta.

 

Tengok saja senam yoga di taman Menteng pada acara YokFest (Yoga Festival). Sesi yoga yang dibidani oleh Bpk Yudhi Widdyantoro pada bulan April 2015 ini dapat menjaring ratusan partisipasi. Suatu fenomena yang menunjukkan betapa senam yoga sangat digemari oleh tua dan muda tanpa batasan umur dan gender; lelaki atau wanita.

 

Michelle Finerty (RYT 200 hours yoga teacher) memberikan 3 tip yoga sehat bagi tubuh dan pikiran. Berikut urutan yang harus anda lalui dan coba…

 

tips yoga sehat

Monther and daughter doing yoga

BERNAFAS

Apakakah anda pernah terperangkap pada rutinitas dan kesibukan sehari hari sehingga sampai seolah-olah lupa bernafas? Memang kalau dilihat sepintas kelihatannya gila, tapi banyak orang yang terperangkap pada jebakan ini.

Apabila anda membiasakan untuk waspada pada aliran nafas dan berupaya untuk tidak menahan nafas meski mengerjakan aktifitas yang seabrek, anda akan merasa lebih segar. Cobalah untuk membiasakan diri berlatih nafas ujaji atau teknik nafas lainnya. Yang penting anda harus mencoba melakukannya meskipun berada di mobil, di meja kerja, atau aktifitas lainnya.

 

YOGA

Standing dan seated twist akan me-detox tubuh, melancarkan pencernaan serta mengurangi rasa cemas. Bagaimana ini bisa terjadi?

 

Pada waktu anda melakukan body twist, sistem tubuh sementara waktu akan menghentikan aliran darah ke daerah sistem pencernaan, dan setelah anda kembali ke posisi awal, aliran darah baru akan membanjiri organ -organ ini. Nah pada waktu inilah terjadi detoksifikasi atau pembersihan organ-organ terkait. Yoga pose favorit Michelle adalah Crescent Lunge Twist dan Chair Twist.

 

AYURVEDA

Cobalah me-implementasikan filosofi Ayurveda kuno untuk memberikan awareness pada sekitar kehidupan. Dengan melihat lebih dekat cara berdiet, bergerak, dan reaksi pada stress, anda akan memberikan kebiasaan yang positif pada hidup.

 

Membersihkan lidah secara regular akan membantu indera rasa dan memperbaiki pencernaan dengan menghilangkan bakteri dan toksin di daerah mulut.

 

Minum air hangat dicampur dengan potongan buah lemon segar di pagi hari memberikan efek positif pada pencernaan dan menaikkan tingkat energi, dimana sangat baik pada penyembuhan holistik.

 

Abhyanga adalah cara Ayurveda dengan memijat diri sendiri dengan minyak hangat (atau baby oil yang dihangatkan). Cara ini akan memberikan vitalitas serta mengencangkan kulit tubuh.

 

Dengan memberikan waktu pada diri sendiri, anda dapat me-apresiasi kedaan sekarang ini. Berilah ruang pada pikiran untuk menggapai kreatifitas serta rasakan aliran energi di semua bagian tubuh.