10 etiket pada senam YOGA

[vc_row][vc_column][vc_column_text]Ingin berlatih yoga tapi takut kelihatan sebagai pemula? Ikutilah 10 top advis dibawah ini dan anda akan lebih percaya diri pada tiap yoga kelas yang anda kunjungi.

 

 

etika yoga1. Pakailah baju yoga yang tepat, yaitu “pas” dengan tubuh.
Penting bagi anda memakai baju yoga yang tidak kedodoran atau terlalu besar, karena guru yoga tidak dapat membenarkan posisi yang salah. Dengan memakai baju yoga yang tepat, alignment dari posisi dapat terlihat dengan jelas.

 

2. Pilihlah kelas yang sesuai dengan tingkatan anda.
Apabila anda pemula, janganlah memilih kelas advance atau sebaliknya. Karena apabila anda melakukan banyak kesalahan pada suatu posisi yoga, guru yoga harus mempunyai perhatian extra kepada anda dan ini menyebabkan perhatian guru berkurang terhadap peserta lain.  Apabila anda praktisi yang cukup berpengalaman dan mengikuti kelas pemula, sebaiknya anda cukup bersabar dan mengikuti irama / posisi yang diajarkan.

 

3. Datang beberapa menit sebelum latihan dimulai.
Tentunya sangat menyebalkan apabila kita sedang berlatih dan kemudian ada orang yang terlambat dan langsung masuk kelas menganggu keheningan. Hal ini sudah pasti sangat menganggu konsentrasi peserta yoga lainnya. Karena pada latihan yoga kita perlu mengatur yoga mat dan props, ada baiknya untuk datang beberapa menit lebih pagi.

 

4. Jangan membandingkan postur dengan orang lain atau mencoba berkompetisi.
Tujuan latihan yoga adalah untuk peregangan otot (stretching), body alignment/balancing, dan mendapatkan “peace of mind”.  Latihan yoga mempunyai tujuan untuk lebih baik untuk diri sendiri, bukannya membandingkan postur dengan orang lain atau berkompetisi. Apabila kita di level pemula, akan salah sekali apabila kita menginginkan secara cepat dapat menguasai atau melakukan postur di tingkat advance.

 

5. Beritahu guru Yoga apabila anda mempunyai cedera atau kelainan pada tulang.
Akan sangat baik apabila guru yoga mengetahui kondisi kita. Apabila ada cedera (misal otot atau tulang), ada baiknya memberitahukan hal ini kepada guru yoga. Dengan demikian, guru akan lebih dapat memperhatikan kita dan memberi pengarahan yang benar. Akan sangat berbahaya apabila anda mempunyai cedera tetapi berlatih yoga tanpa pengarahan.

 

6. Beritahu guru Yoga apabila anda hamil.
Ada baiknya anda menghadiri kelas yoga untuk pre-natal (kelas yoga bagi ibu hamil muda), sehingga mengetahui the Do dan the Don’ts. Apabila anda bergabung dengan kelas normal, anda juga harus memberitahu guru yoga sehingga dia dapat memberikan arahan posisi yoga yang tidak terlalu berat dan cocok bagi ibu hamil.

 

7. Apabila anda terlambat, jangan buru buru masuk dalam kelas.
Apabila anda terlambat, anda harus menunggu guru yoga selesai mengajar suatu pose.  Maka itu, duduklah disamping kelas dan turut serta memperhatikan.

 

8. Jangan malu bertanya pada guru yoga, dan sosialisasikan dengan teman lainnya.
Apabila guru yoga memberikan kesempatan bertanya, maka itu adalah saat yang tepat untuk mengetahui jawaban atas hal-hal yang kurang jelas. Apabila ada teman yang kurang mengetahuinya, sosialisasikan jawaban ini. Anda juga ikut belajar apabila anda sering me-sosialisaikan apa yang anda ketahui ke orang lain.

 

9. Hadirilah kelas yoga secara reguler.
Jangan berlatih yoga tanpa jadwal. Buatlah latihan yoga menjadi sesuatu yang reguler dan konsisten. Dengan demikian anda mendapatkan keuntungan dari senam yoga untuk jangka panjang.

 

10. Bersabarlah.
Untuk mencapai tingkatan yang baik sangatlah membutuhkan waktu pada senam yoga. Tubuh tiap orang mempunyai fleksibilitas yang berbeda beda.  Maka bersabarlah apabila anda belum menguasai suatu posisi dengan baik. Ketidak sabaran akan membuat anda tidak menikmati latihan yoga anda…..[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column width=”1/1″][vc_text_separator title=”Related Articles” title_align=”separator_align_center” align=”align_center” color=”grey” border_width=”5″][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column width=”1/1″][vc_basic_grid post_type=”post” max_items=”3″ style=”all” items_per_page=”10″ show_filter=”” element_width=”4″ gap=”30″ orderby=”rand” order=”DESC” filter_source=”category” filter_style=”default” filter_align=”center” filter_color=”grey” filter_size=”md” button_style=”rounded” button_color=”blue” button_size=”md” arrows_design=”none” arrows_position=”inside” arrows_color=”blue” paging_design=”radio_dots” paging_color=”grey” loop=”” autoplay=”-1″ item=”none” grid_id=”vc_gid:1439978016724-bbd25ca5-2092-1″][/vc_column][/vc_row]