Yoga untuk Tidur Lelap

[vc_row][vc_column][vc_column_text]Yoga sudah sangat terkenal sebagai salah satu bentuk latihan fisik yang bisa digunakan untuk menjaga kesehatan dan juga beberapa hal lain yang berhubungan dengan kualitas hidup kita. Salah satu masalah kesehatan yang bisa diatasi dengan melakukan latihan ini adalah masalah tidur. Seperti kita tahu, banyak sekali orang yang mengalami insomnia yang disebabkan karena beberapa faktor. Berikut ini adalah 5 macam latihan yang bisa anda lakukan untuk mengatasi gangguan tidur anda.

 

 

tidur lelap1. Duduklah menghadap tembok dengan posisi senyaman mungkin dan posisikan pantat anda 6 inci dari tembok tersebut.

Yang harus anda lakukan pada posisi ini adalah duduk bersila dan menghadap ke tembok. Luruskan punggung dan letakkan kedua tangan di samping kanan kiri anda. Atur pernapasan dan jaga ritmenya.

 

 

2. Dari posisi tersebut, ubah menjadi posisi telentang dan letakkan kaki anda di tembok dengan cara mengangkatnya.

Lakukan pergantian posisi ini secara perlahan. Usahakan di lantai, anda telah menyediakan semacam alas sehingga anda bisa semakin merasa nyaman. Gunakan tangan anda sebagai tumpuan untuk melakukan perpindahan posisi yoga ini. Saat mengangkat kaki, lakukan dengan perlahan juga. Pastikan kedua kaki anda terentang dengan lurus sehingga tarikan pada otot hamstring terjadi.

 

 

3. Jika posisi ini terlalu berat bagi otot hamstring anda, jauhkan lagi pantat anda dari tembok.

Hal ini dilakukan untuk memberikan efek tarikan yang tidak terlalu membebani otot hamstring anda. Perlu diingat, anda melakukan latihan ini untuk relaksasi bukannya untuk membentuk otot. Jauhkan pantat dari tembok dengan cara menggesernya secara perlahan. Gunakan kaki untuk mendorong pantat dengan menapak pada tembok.

 

 

4. Jika langkah nomor 2 masih tidak cukup bagi anda, semakin dekatlah ke tembok.

Jika anda merasa kalau langkah nomor 2, dimana jarak pantat dengan tembok sekitar 6 inci tidak terlalu berat bagi anda. Anda bisa semakin mendekat ke tembok dan rasakan tarikan yang terjadi di otot anda.

 

 

5. Pada posisi yoga ini, biarkan lengan anda beristirahat di samping anda, telapak tangan menghadap ke atas, lakukan pernapasan yang santai dan rasakan tarikan yang terjadi di punggung dan kaki anda.[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column width=”1/1″][vc_text_separator title=”Related Articles” title_align=”separator_align_center” align=”align_center” color=”grey” border_width=”5″][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column width=”1/1″][vc_basic_grid post_type=”post” max_items=”3″ style=”all” items_per_page=”10″ show_filter=”” element_width=”4″ gap=”30″ orderby=”rand” order=”DESC” filter_source=”category” filter_style=”default” filter_align=”center” filter_color=”grey” filter_size=”md” button_style=”rounded” button_color=”blue” button_size=”md” arrows_design=”none” arrows_position=”inside” arrows_color=”blue” paging_design=”radio_dots” paging_color=”grey” loop=”” autoplay=”-1″ item=”none” grid_id=”vc_gid:1438247467259-5cbf444b-f3be-0″][/vc_column][/vc_row]