Yoga untuk Obat Depresi

[vc_row][vc_column][vc_column_text]Depresi merupakan salah satu gejala manusia modern. Yang dimaksud dengan manusia modern di sini adalah mereka yang hidup di tengah-tengah arus informasi dan industrialisasi yang sedemikian cepatnya sehingga tidak mampu mengantisipasi segala perubahan. Banyak orang yang mengalami stress dan gangguan jiwa ketika menghadapi masalah yang tidak kunjung ditemukan titik temunya. Sebelumnya mereka mencoba mencari solusi dengan mendatangi psikologi, psikiater, atau bahkan paranormal. Padahal ada obat depresi yang ilmiah dan terbukti manjur, yaitu latihan yoga.

 

obat depresiDepresi adalah masalah jiwa dan tentu untuk menyembuhkannya harus melalui pendekatan kejiwaan. Di sini tidak berarti orang yang depresi adalah orang yang mengalami gangguan jiwa. Mereka yang stress akan berpengaruh terhadap kondisi fisiknya dan menurunkan daya tahan tubuh.

 

Dan sebagai obat depresi¸ yoga bisa memberikan alternatif pengobatan agar mereka yang sedang tergoncang jiwanya dan terbebani pikirannya dengan masalah bisa segera kembali memiliki perasaan positif dalam menghadapi hidup.

 

Timbul pertanyaan, mengapa yoga bisa mengurangi depresi seseorang? Sebab di dalam yoga ada gerakan-gerakan yang memungkinkan seseorang untuk melepaskan ketegangan di syaraf, merengganggkan otot, mengistirahatkan tubuh dan menenangkan pikiran. Ditambah dengan teknik bernafas serta rileksasi pikiran, otomatis yoga pun menjadi obat depresi yang ampuh tanpa harus mengkonsumsi tablet penenang. Beberapa postur yoga restoratif membantu orang menghilangkan stress. Sedikitnya terdapat delapan pose yang bisa dipraktekkan untuk membantu Anda mengurangi depresi yaitu  Balasana (child pose), Urdhva  Mukha  Svanasana Upward Facing Dog),  Marjaryasana (cat pose),  Uttana  Shishosana (extended Puppy Pose),  Garudasana (Eagle Pose), Utthita Trikonasana (extended Triangle Pose), dan Viparita Karani (Legs Up the Wall Pose) serta Savasana (Corpse Pose).

 

Di dalam bukunya Yoga untuk Semua – Panduan Berlatih Yoga yang Lengkap dan Aman, praktisi yoga Devi Asmarani memperkuat asumsi bahwa postur restoratif memang bisa membantu seseorang dalam menyeimbangkan tubuh dan jiwa terutama saat sedang lelah dan stress. Padahal, jika tegangan syaraf akibat stress dibiarkan terus menerus, lama kelamaan akan menimbulkan penyakit baru seperti tekanan darah tinggi, sakit lambung, punggung, imunitas melemah dan bahkan reproduksi. Obat depresi mutlak dibutuhkan agar gejala penyakit baru tersebut tidak muncul dalam diri seseorang. Oleh karena itu, berlatih yoga secara rutin adalah solusi jitu.

 

Jika Anda belum memahami gerakan yoga secara lengkap namun ingin segera memanfaatkannya sebagai obat depresi, maka cukup lakukan postur yang Anda hafal lalu bermainlah di pernafasan. Nafas yang benar dan panjang membantun Anda mengurangi tegangan-tegangan pikiran dan mengendurkan syaraf-syaraf motorik.  Dari delapan postur restoratif, semuanya pasti menyisipkan pernafasan sebagai salah satu cara mengurangi stress. Sebab dengan menarik nafas, oksigen akan masuk ke dalam darah dan memompakannya ke seluruh tubuh. Depresi diakibatkan juga karena lambatnya aliran darah ke otak sehingga daya tahan otak menjadi turun.

 

Jadi, bagi Anda yang sering stress dalam menghadapi hidup, mengapa tidak mencoba yoga sebagai obat depresi ampuh buat Anda?[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column width=”1/1″][vc_text_separator title=”Related Articles” title_align=”separator_align_center” align=”align_center” color=”grey” border_width=”6″][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column width=”1/1″][vc_basic_grid post_type=”post” max_items=”3″ style=”all” items_per_page=”10″ show_filter=”” element_width=”4″ gap=”30″ orderby=”date” order=”DESC” filter_source=”category” filter_style=”default” filter_align=”center” filter_color=”grey” filter_size=”md” button_style=”rounded” button_color=”blue” button_size=”md” arrows_design=”none” arrows_position=”inside” arrows_color=”blue” paging_design=”radio_dots” paging_color=”grey” loop=”” autoplay=”-1″ item=”none” grid_id=”vc_gid:1435748368240-6944cc67-bd33-3″][/vc_column][/vc_row]