Yoga Bagi Wanita

[vc_row][vc_column][vc_column_text]Yoga sebenarnya bukan merupakan berasal dari kegiatan rutin wanita, namun berdasarkan penelitian pada Jurnal Yoga tahun 2008, 77% peserta yoga di Amerika adalah wanita. Penelitian tersebut juga menjelaskan bahwa motivasi mereka untuk mengikuti latihan adalah untuk kebugaran jasmani dan rohani. Sebenarnya apa yang ditawarkan yoga untuk para wanita?

 

yoga bagi wanitaYoga Merupakan Latihan Kardio dan Kekuatan yang Aman dan Efektif

Mengingat manfaat dari latihan kekuatan dan ketahanan untuk wanita yang berguna dalam menjaga keluarga, wanita pada umumnya melaporkan keengganan untuk melakukan latihan semacam ini karena khawatir bisa menjadi semakin “ber- otot”. Yoga menawarkan cara yang bisa dimodifikasi secara tidak terbatas, bisa dilakukan dengan mudah dan menyenangkan untuk latihan kebugaran dan kekuatan. Contohnya, latihan yoga dari penyeimbangan lengan tidak hanya membuat kekuatan bagian atas tubuh untuk semakin menambah massa otot, namun juga memberi manfaat pada kesehatan tulang.

 

Perawatan Diri yang Terstruktur

Salah satu hal yang sering menjadi perhatian wanita, entah apakah mereka sudah berkeluarga atau lajang, wanita karir atau ibu rumah tangga—tanpa melihat dari status sosio-ekonomi mereka, adalah tentang menyeimbangkan perawatan terhadap diri sendiri dengan perawatan terhadap orang yang mereka sayangi. Kebanyakan wanita sebenarnya adalah seseorang yang sudah pada nalurinya bisa menjadi perawat baik secara formal atau tidak formal. Yoga menawarkan latihan yang bisa dilakukan untuk bisa dilakukan dalam rangka merawat diri sendiri pula. Jika Anda memiliki 1 jam untuk melakukan latihan kardio, ketahanan dan ini merupakan waktu khusus untuk Anda sendiri, mengapa tidak?

 

Stabilisasi Gambaran Tubuh

Semenjak hadirnya media, para wanita sering melihat gambaran dan ide tentang apa yang sebaiknya ada pada tubuh perempuan. Hal tersebut meliputi entah apakah itu mimpi seorang Putri Cinderella, model fesyen atau pun apa-apa yang “seharusnya” tampil sebagai seorang perempuan. Dalam hal ini, Yoga akan memberikan latihan yang bisa mengekspresikan diri dengan lebih lengkap sehingga gambaran tubuh dari seorang wanita bisa kemudian menjadi sebuah “pembenaran” yang cukup baik. Yoga juga bisa mengubah bagaimana perubahan kebiasaan yang berhubungan dengan pola makan, tidur dan stress. Hal tersebut tentunya bisa memberikan perbedaan besar pada perubahan jangka panjang terhadap gambaran tubuh mau pun kesehatan.

 

Kesehatan Maternal

Yoga bisa memberikan manfaat terutama dalam hal menunjang kesehatan selama proses kehamilan dan melahirkan. Latihan Yoga cukup bervariasi untuk memberikan banyak manfaat mulai dari kekuatan inti di bagian panggul, kesehatan dalam tubuh dan bagaimana pengelolaan terhadap nyeri yang lebih baik. Latihan ini cukup unik karena juga melibatkan bagaimana teknik latihan dengan mengatur nafas untuk mengatas stres mau pun menciptakan kekuatan baru.

 

Kesehatan Reproduksi

Latihan yoga juga cocok untuk para wanita karena mampu memberikan kesehatan reproduksi yang lebih baik. Dimana latihan ini termasuk berkaitan dengan bagaimana cara menyeimbangkan kesehatan hormon yang berkaitan dengan reproduksi. Kekuatan panggul juga bisa semakin ditambah dan semakin bugar dengan latihan yoga.[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column width=”1/1″][vc_text_separator title=”Related Articles” title_align=”separator_align_center” align=”align_center” color=”grey”][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column width=”1/1″][vc_basic_grid post_type=”post” max_items=”3″ style=”all” items_per_page=”10″ show_filter=”” element_width=”4″ gap=”30″ orderby=”rand” order=”DESC” filter_source=”category” filter_style=”default” filter_align=”center” filter_color=”grey” filter_size=”md” button_style=”rounded” button_color=”blue” button_size=”md” arrows_design=”none” arrows_position=”inside” arrows_color=”blue” paging_design=”radio_dots” paging_color=”grey” loop=”” autoplay=”-1″ item=”none” grid_id=”vc_gid:1447777777622-222a93b4-7248-5″][/vc_column][/vc_row]