Tiga Gerakan Yoga untuk Tidur Berkualitas

[vc_row][vc_column][vc_column_text]Untuk bisa mendapatkan tidur yang berkualitas, dibutuhkan otot yang rileks serta peredaran darah yang lancar. Badan lelah saja tidak cukup untuk membuat mata terpejam lelap. Kalaupun bisa tidur, kemungkinan dalam menit-menit tertentu akan terjaga sehingga tidak tuntas masuk ke frekuensi alpha. Otak tidak optimal beristirahat padahal tidur berfungsi untuk membuat otak kembali segar. Untuk bisa membuat tidur berkualitas, maka disarankan untuk melakukan gerakan-gerakan tertentu agar sendi-sendi tubuh bisa lebih rileks. Yoga, sebagai senam jiwa dan raga, juga bisa berfungsi sebagai obat tidur alami yang bisa ‘dikonsumsi’ oleh mereka yang mengalami gangguan insomnia ini.

 

 

gerakan yoga utk tidur berkualitasBeberapa gerakan yoga yang direkomendasikan untuk membantu Anda bisa tidur dengan sempurna salah satunya adalah Janu Sirsasana. Ini merupakan pose meluruskan kedua kaki ke depan sambil duduk di lantai. Paha lalu dibuka sedikit lebar dengan menekuk salah satu kaki ke dalam. Lakukan pernafasan sambil menegakkan punggung. Kemudian bungkukkan badan ke depan sambil membuang nafas dan usahakan untuk mencium lutut kaki yang lurus. Posisi ini bisa bergantian dengan menukar kaki yang ditekuk. Lakukan secara berulang maka senam ringan ini bisa menjadi obat tidur alami, apalagi kalau dilakukan menjelang waktu istirahat malam.

 

 

Baddah Konasana adalah pose lain yang bisa Anda coba sebagai obat tidur alami yang aman dari efek samping. Caranya dengan duduk tegak di lantai sambil bersila dengan menempelkan kedua telapak kaki. Gerakan ini sangat bagus untuk melenturkan otot-otot tubuh yang kaku. Tarik nafas sambil meengakkan tulang punggung lalu dibuang sambil memajukan tubuh. Tulang belakang tetap dijaga agar tetap lurus sehingga darah bisa tersirkulasi dengan lancar.

 

 

Senam yoga lain yang bisa menjadi obat tidur alami adalah Upavistha Konasana. Caranya dengan membuka kedua kaki sehingga membentuk sudut 90 derajat. Namun tentu tergantung dari kenyamanan Anda juga, yang penting kaki dibuka lebar. Tarik nafas dalam-dalam lalu bungkukkan badan ke depan sambil membuang nafas. Pada beberapa olahraga beladiri seperti karate dan taekwondo, senam gaya ini kerap dilakukan sebagai pemanasan.[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column width=”1/1″][vc_text_separator title=”Related Articles” title_align=”separator_align_center” align=”align_center” color=”grey” border_width=”5″][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column width=”1/1″][vc_basic_grid post_type=”post” max_items=”3″ style=”all” items_per_page=”10″ show_filter=”” element_width=”4″ gap=”30″ orderby=”date” order=”DESC” filter_source=”category” filter_style=”default” filter_align=”center” filter_color=”grey” filter_size=”md” button_style=”rounded” button_color=”blue” button_size=”md” arrows_design=”none” arrows_position=”inside” arrows_color=”blue” paging_design=”radio_dots” paging_color=”grey” loop=”” autoplay=”-1″ item=”none” grid_id=”vc_gid:1436283665894-33cdc0c9-a7e2-3″][/vc_column][/vc_row]