Yoga Bagi Kesehatan Mata

[vc_row][vc_column][vc_column_text]Yoga merupakan olahraga serta terapi fisik dan mental yang populer, karena kegiatan ini dapat membawa bermacam-macam manfaat untuk kita. Tetapi, pernahkah anda membayangkan apa manfaat yoga untuk kesehatan mata? Hal itu mungkin tidak terbayangkan bagi pelaku yoga pemula, tetapi yoga juga dapat bermanfaat bagi kesehatan mata bila dilakukan dengan benar.

 

 

kesehatan mataApalagi, bagi mereka yang tinggal di perkotaan, mata adalah anggota tubuh yang sering teraniaya oleh polusi, debu jalanan, serta radiasi dari layar komputer, televisi, serta tablet. Belum lagi jam kerja yang berlebihan serta jam tidur yang berkurang, yang semakin memperburuk kesehatan mata.

 

 

Prinsip berlatih yoga adalah menggabungkan pelatihan dan peregangan otot dengan teknik pernapasan, dan prinsip yang sama dapat juga diterapkan pada latihan untuk kesehatan mata. Saat ini, anda dapat menemukan bermacam-macam tips untuk melakukan yoga mata.

 

 

Tiap rangkaian gerakan ini bervariasi, namun prinsipnya adalah melatih mata yang sudah terlalu lelah agar kembali segar. Yoga mata dapat dilakukan di rumah, kantor, tempat umum, atau dimana saja anda sempat. Yang penting, selama melakukannya, anda harus bisa merasa nyaman serta memastikan bahwa mata anda menjauh dulu dari layar komputer dan sebagainya untuk sementara. Bila melakukannya di rumah, anda bisa mengoleskan krim mata terlebih dahulu, dan mengakhiri yoga mata dengan tidur berbaring.

 

 

Pertama-tama, anda sebaiknya duduk dengan posisi punggung tegak, entah di kursi bersandaran atau bersila di lantai dengan punggung pada dinding. Kedipkan kedua mata cepat-cepat selama paling tidak 50 kali, dan setelah berhenti sejenak, ulangi lagi dengan hitungan yang bertambah.

 

 

Kemudian, tutuplah mata dan bernafaslah beberapa kali sebelum kembali membuka mata, hingga mata kembali terasa segar. Untuk alternatif, anda bisa juga menggerakkan bola mata ke atas, tengah, kanan dan kiri sambil menahan untuk tidak berkedip selama mungkin di tiap posisi tersebut.

 

 

Sebagai penutup, cobalah melihat ke arah satu titik tanpa mengedipkan mata selama mungkin, dan biarkan air mata mengalir untuk membersihkan bola mata. Selama melakukannya, ingatlah untuk mengatur pernapasan seperti jika anda melakukan yoga, dan sebelum serta setelah yoga mata selesai.

 

[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column width=”1/1″][vc_text_separator title=”Related Articles” title_align=”separator_align_center” align=”align_center” color=”grey” border_width=”5″][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column width=”1/1″][vc_basic_grid post_type=”post” max_items=”10″ style=”all” items_per_page=”10″ show_filter=”” element_width=”4″ gap=”30″ orderby=”date” order=”DESC” filter_source=”category” filter_style=”default” filter_align=”center” filter_color=”grey” filter_size=”md” button_style=”rounded” button_color=”blue” button_size=”md” arrows_design=”none” arrows_position=”inside” arrows_color=”blue” paging_design=”radio_dots” paging_color=”grey” loop=”” autoplay=”-1″ item=”none” grid_id=”vc_gid:1438401631068-2dcc8787-329b-3″][/vc_column][/vc_row]