Yoga Bagi Anak

Yoga bagi anak-anak merupakan salah satu cara konstruktif dan kreatif untuk melatih anak dalam mengatur pola nafas dan aktivitas jasmani yang bisa memberikan banyak manfaat di banyak lingkup perkembangan, sebagaimana menjadi salah satu cara menyenangkan sebagai bagian dari aktivitas keluarga.

Yoga merupakan aktivitas yang tidak memberikan penilaian salah atau benar sehingga ini bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan baik untuk anak-anak mulai usia balita hingga remaja. Mengingat berbagai macam pose dibuat dengan banyak sekali jenis dan cukup bervariasi, maka tidak heran bila latihan untuk setiap umur bisa menjadi berbeda-beda menyesuaikan dengan perkembangan jasmani anak tersebut.

 

Yoga Bagi Anak 1

Monther and daughter doing yoga

Sebagai contoh, pose Warrior 2 untuk balita akan terlihat sangat berbeda dengan pose untuk remaja. Hal ini disebabkan karena balita biasanya masih belajar tentang bagaimana merasakan dan menggerakkan tubuh mereka. Seiring kekuatan yang bertambah, maka ekspresi yang bervariasi dari pose ini juga akan semakin meningkat.

 

Yoga juga bisa membantu dalam hal koordinasi dan keseimbangan tubuh untuk anak-anak dengan lebih baik. Anak-anak memiliki pertumbuhan selama rentang usia tertentu di mana organ mereka akan berkembang. Latihan Yoga akan membantu perkembangan dengan lebih baik melalui berbagai macam latihan yang ada.

 

Sebagai contoh, latihan dasar untuk anak-anak seperti postur berdiri Warrior 1, Warrior 2 dan Triangle Pose akan mengenalkan cara baru untuk menyeimbangkan tubuh dengan lebih baik, termasuk bagaimana mengenalkan ide-ide yang menarik. Tree Pose atau pose dengan berdiri satu kaki lainnya juga bisa melatih keseimbangan dengan baik tetapi juga tetap menyenangkan.

 

Remaja juga bisa membangun kekuatan dan kepercayaan diri melalui latihan standar pada pose-pose berdiri. Mereka bisa menikmati tantangan baru dalam hal mengatur pose seperti pada pose Extended Side Angle atau bagaimana dinamisnya pose Sun Salutation. Mereka bisa menjadi lebih lentur daripada sebelumnya sehingga ini adalah waktu yang tepat untuk membuat kebiasaan untuk menjaga dan mengembangkan kekuatan dan kelenturan alami mereka. Pose keseimbangan yang lebih kompleks seperti Eagle atau Arm Balances bisa dikenalkan dengan menyenangkan sebagai tantangan baru bagi latihan yoga untuk remaja.

 

Yoga bisa menjadi latihan yang bagus terutama dalam mengurangi stres pada anak-anak. Dalam satu kali latihan yoga, anak-anak bisa mengekspresikan energi dan emosi melalui suara, keheningan, pergerakan dan latihan nafas. Ini tentunya cukup bagus karena anak-anak bisa memiliki cara bertahan yang lebih bagus untuk menghadapi stres tertentu. Tidak hanya itu, yoga juga memberikan latihan untuk menambah konsentrasi yang lebih baik. Manfaat yoga untuk anak-anak ini tentunya cukup berguna terkait dalam menunjang perkembangan dan kesehatan anak-anak.

 

Beberapa hal yang perlu diingat pada saat mengenalkan yoga untuk anak-anak di antaranya:

  • Tetap latihan dengan cukup
  • Sesuaikan dengan usia
  • Biarkan ekspresi tertawa dan ekspresi lainnya
  • Jelaskan dengan bahasa yang mudah dimengerti dan berikan contoh
  • Jangan segan untuk menanyakan pose yang mereka ketahui seperti misalnya: bagaimana pose seekor tupai? Atau angsa?
Tags: