5 Kata Sanskrit Yoga

Apabila kita sudah lama berlatih yoga, ada beberapa kata Sanskrit yang sering kita dengar.   Nah, apabila Anda kurang mengetahuinya, ada baiknya belajar untuk meresapi arti dari kata Sanskrit tersebut. Dengan begitu, latihan yoga akan lebih mempunyai makna.

 

Kata Sanskrit yang sering kita dengar pada saat berlatih yoga adalah sebagai berikut:

 

kata sanskrit di yoga– Asana

Ada cara membaca kata Asana ini. Yaitu dengan membuat aksen (penekanan) pada kata ke dua “ah-SAW’ –nah. Bisa juga dengan mengucapkannya AH”-sah-nah. Artinya yaitu “seat” (duduk), tetapi dalam kelas yoga, artinya bercampur dengan “pose”. Sebagai contoh, kata Balasana = Child’s Pose, Navasana = Boat Pose, dsb.

 

– Namaste

Ini adalah kata Sanskrit yang sangat lazim diucapkan. Kata ini mengandung arti: “The divine light within me salutes the divine light within you”. Arti yang sangat sederhana yaitu “I’m Awesome, You’re Awesome”. All these other people are awesome….

 

– Om / AUM

Om atau Aum adalah kata dari alam semesta. Kata “OM” dipercaya adalah kata dimulainya atau dilahirkannya alam semesta. Tulisan kata OM ini menjadi versi atau symbol dari yoga.   Kata OM mengartikan kita adalah bagian dari alam semesta, selalu bergerak, selalu berganti, dan selalu bernafas. Ketika anda chanting Om, anda menangkap vibrasi tersebut.

 

– Shanti

Shanti berarti kedamaian. Kata “Om shanti shanti shanti” adalah invokasi dari damai. Di agama Hindu dan Budha, mengucapkan kata shanti tiga kali berarti damai di badan, ucapan dan pikiran.

 

– Yoga

Yoga adalah unifikasi badan, pikiran dan jiwa. Ini adalah arti dari yoga sebenarnya. Jadi apabila anda berlatih yoga, anda menyatukan badan, pikiran dan jiwa menjadi satu kesatuan. Kata ini juga mengenai hubungan kepada diri kita, manusia lain, sekeliling dan kebenaran.