Savasana Asana – Cara Rileks 100%

Cara jitu untuk riles menjadi sangat penting dan berharga di kehidupan yang nan sibuk dan penuh dengan stress di masa kini. Belajar untuk mengosongkan pikiran supaya bisa jernih dan me-blok hal-hal bersifat duniawi sangatlah penting. Dan ini adalah salah satu tujuan dari berlatih yoga asana, dimana ada satu pose yang sangat sederhana tetapi tidak di praktekan secara rinci – Savasana – Corpse Pose.

 

savasana - gerakan yoga untuk rileksSavasana adalah cara yang sangat baik untuk menyerahkan diri pada alam. Biasanya dilatih pada akhir kelas yoga, setelah melakukan asana-asana lainnya. Seperti kegiatan olahraga lainnya seperti naik gunung dan berenang, tubuh dan pikiran memerlukan istirahat. Maka setelah latihan yoga, tubuh memerlukan istirahat dengan savasana asana.

 

Anda dapat berbaring, tutup mata dan rileks. Tapi kadang tidak mudah untuk menyelesaikan savasana dengan baik, karena kita sering terganggu dengan factor external.

 

Beberapa langkah dibawah ini cara bagaimana untuk memastikan latihan savanna untuk lebih baik:

 

1. Get Comfy (nyaman)

Salah satu masalah berlatih savasana dengan baik adalah anda tidak merasa nyaman. Apabila rasa nyaman tidak ada, anda akan melakukan hal-hal yang berlawanan dengan tujuan savasana; yaitu rileks.

Cara jitu untuk nyaman adalah pakaialah yoga props; bolster untuk menyangga lutut sehingga punggung belakang anda merasa nyaman. Carilah posisi yang baik, sehingga dengan rasa nyaman, savasana menjadi hal yang sangat baik bagi anda.

 

2. Let Go (menyerahlah)

Bernafaslah dengan maximum dan tahan nafas selama anda bisa. Kemudian hembuskan nafas dan bayangkan semuanya keluar dari perut. Kemudian biarkan rasa ini berkelanjutan dan bernafaslah secara normal. Biarkan nafas masuk dan keluar secara alami. Hal ini akan membuat pikiran anda melambat sehingga badan menjadi rileks.

 

3. Become an Observer (jadilah seorang pengamat)

Pikiran anda akan berlari liar. Coba untuk membiarkan pikiran ini berjalan dengan sendirinya.

Yang penting untuk diinngat adalah pada waktu Savasana, kadang anda merasa sangat mengantuk dan dapat tertidur. Meskipun bukan tujuan dari latihan ini tapi hal ini tidak apa2. Apabila anda berlatih terus, anda akan bisa rileks tanpa tertidur. Dengan demikian, anda bisa merasakan tubuh lebih segar. Itulah tujuan dari latihan Savasana.

 

 

Written by:

 

Savasana Asana - Cara Rileks 100% 1Caley Alyssa is a Los Angeles-based yoga teacher and the founder of Caley Yoga. She credits yoga with helping her define and accomplish her dreams, and she’s passionate about helping others manifest their own dreams