Rileks Dengan Yoga Sebelum Tidur

oleh Kathryn Budig – Saya sangat menyukai istirahat tidur. Bejibun aktifitas sehari hari men-dikte saya untuk menikmati tidur selagi saya bisa melakukannya. Meski tidur bukan hal yang paling penting bisa dilakukan di tempat tidur, anda harus mencoba beberapa gerakan yoga. Melakukan pose yoga sederhana sebelum tidur tentunya akan memperbaiki kualitas tidur anda.

 

Beberapa pose yoga sebelum anda pergi untuk beristirahat tidur yang patut dicoba adalah:

 

  1. Spinal Twist

spinal twist - gerakan yoga sebelum tidur

Tidur berbaring di tempat tidur dan peluklah lutut kanan kebagian dada. Ambil nafas beberapakali, dan letakkan ke sebelah sisi kiri. Raih lutut luar kaki kanan dengan tangan kiri dan berikan tekanan ringan kebawah. Usahakan bahu kanan tetap menempel di kasur dan ambil sekitar 8 nafas. Apabila selesai ganti dengan lutut kiri.

 

  1. Pillow Forward Fold

pillow forward bend - gerakan yoga sebelum tidur

Ambil bantal yang cukup besar , dan apabila tidak ada dapat memakai 2 bantal kecil. Tumpuk bantal tersebut diatas kaki. Ambil nafas dan bayangkan tulang belakang memanjang. Waktu mengeluarkan nafas, tetap rangkul bantal.

catatan: Anda juga dapat memakai yoga bolster untuk posisi ini.

 

  1. Legs Up the Wall

legs up the wall - gerakan yoga sebelum tidur

Ambil posisi kaki dan letakan secara tegak lurus di dinding. Kedua lengan dibuat rileks dan letakkan disisi badan dengan menempelkan telapak tangan diatas perut. Tutup mata dan berlatihlah untuk rilek dengan bernafas secara perlahan selama 1-5 menit

Untuk menyelesaikan posisi ini, tekuk lutut dan kemudian rebahkan kaki ke arah kanan atau kiri dan kemudian duduk.

 

  1. Seated Meditation

meditation - yoga sebelum tidur

Letakkan beberapa bantal atau selimut dibelakang bokong sehingga Anda dapat duduk dengan tulang belakang tegak. Akan sangat cocok apabila anda menggunakan yoga blanket (dari Manduka).

 

Silangkan kedua kaki dan letakkan tangan di paha. Tutup mata dan tenangkan pikiran dengan mengikuti irama nafas. Ketika menarik nafas, bayangkan anda dalam ketenangan, dan waktu mengeluarkan nafas, bayangkan anda dalam peaceful.

 

  1. Savasana

savasana - gerakan yoga sebelum tidur

Saya rekomendasikan untuk terus menutup mata setelah meditas dan kemudian letakkan badan dalam posisi tidur terlentang. Taruh bantal favorit di kepala dan berbaringlah dalam posisi Savasana. Dalam beberapa waktu anda akan terlarut dalam tidur yang nyenyak.

 

 

kathryn budigKATHRYN BUDIG is an international yoga teacher and writer. She is the creator of Aim True Yoga and co-founder of Poses for Paws. She has been featured in Yoga Journal, Women’s Health, The New York Times, Forbes, and The Wall Street Journal. She teaches regularly online at Yogaglo.com