Prenatal Yoga – Manfaat Yoga Bagi Ibu Hamil dan Bayi di Kandungan

Prenatal yoga  adalah salah satu  cara terbaik bagi ibu hamil untuk  tetap fit selama kehamilannya.  Namun bukan hanya itu, prenatal yoga  juga   dapat  membantu untuk mempersiapkan  diri  saat kelahiran dan juga untuk meningkatkan kesehatan  bayi  Anda.

 

Sebelum melakukan prenatal yoga seseorang harus memahami terlebih dulu  tentang  apa saja manfaat  dari  latihan ini dan juga  kelas apa  yang dibutuhkan dan beberapa tips aman untuk melakukan yoga unntuk ibu hamil ini.  Prenatal ini sama halnya dengan kelas persiapan melahirkan lainnya  namun prenatal yoga  merupakan pendekatan  multifaset  untuk melatih peregangan otot yang berpusat pada pikiran dan  pernapasan. Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa prenatal yoga    ini aman  dan memiliki cukup banyak manfaat bagi ibu hamil.

 

manfaat yoga bagi prenatal yogaBeberapa  manfaat   dari prenatal yoga diantaranya adalah mengurangi stres dan kecemasan,  membantu  untuk meningkatkan tidur,   meningkatkan  fleksibilitas,  kekuatan dan daya tahan  otot agar bisa melahirkan dengan lancar.  Selain itu  prenatal yoga ini juga   bisa mengurangi rasa nyeri pada  punggung, mengatasi mual  saat hamil,  mengurangi  sesak napas dan juga rasa   sakit pada kepala.  Jika  Anda melakukan   yoga ini saat kehamilan Anda maka  hal ini akan mengurangi bayi lahir secara  prematur  dan juga mengurangi resiko hipertensi   karen kehamilan Anda.

 

Beberapa kelas dalam prenatal yoga diantaranya  adalah:

1. Pernapasan

Anda akan berlatih teknik pernapasan   yang berbeda  untuk membantu mengurangi  sedak napas selama kehamilan.

 

2. Peregangan

Gerakan dalam prenatal  yoga ini adalah   dengan melakukan peregangan   pada leher dan lengan  dengan gerakan  yang ditentukan.

 

3. Postur

Gerakan ini dilakukan sambil berdiri, duduk ataupun berbaring  di lantai dan Anda menggerakkan   tubuh pada posisi yang berbeda  untuk  mengembangkan  kekuatan,  fkesibilitas  dan juga  keseimbangan.

 

4. Relaksasi dan  pendinginan

Pada akhir   prenatal yoga Anda akan  melakukan gerakan untuk mengendurkan otot-otot dan  mengistirahatkan denyut jantung dengan irama pernapasan.   Anda akan  merasakan  ketenangan batin dan bisa mengendalikan emosi  saat kehamilan.  Prenatal  yoga merupakan  senam yang baik untuk ibu hamil dan Anda harus mencobanya sekarang.