Pose Yoga Sederhana Untuk Membantu Sistem Pencernaan

Apakah Anda pernah mengalami masalah sistem pencernaan? Mungkin Anda merasa mual setelah minum cangkir kopi Anda yang kedua. Atau mungkin, Anda merasakannya setelah makan makanan bersantan.

Pose Yoga Sederhana Untuk Membantu Sistem Pencernaan 1

Masalah sistem pencernaan ini juga paling kerap menimpa seseorang yang mengalami stress. Manurut Saul David Raye, praktisi pengobatan khas India dan Thailand serta pendiri Center for Sacred Movement di Santa Monica, stress mencegah tubuh mengolah makanan menjadi bahan bakar.

 

Anda bisa mengatasinya dengan cara melakukan latihan di bagian bawah kaki dan melepaskan ketegangan yang mengganggu proses pencernaan. Hal ini karena ada titik-titik penting di kaki yang berpengaruh pada pencernaan.

 

Raye menyarankan 2 variasi vajrasana (thunderbolt pose) untuk menghilangkan ketegangan dan gangguan pencernaan. Pose-pose ini mungkin menyakitkan jika Anda baru pertama kali melakukannya, namun menurut Raye, Anda justru bisa mengetahui dimana masalahnya dari rasa sakit di bagian tertentu. Berikut kedua pose yoga untuk mengatasi masalah sistem pencernaan:

 

 

  • Deep Toe Bend.

Pose ini bisa melepaskan energi yang tersumbat di kaki, meningkatkan aliran energi dan dengan demikian membuat pencernaan lebih lancar. Caranya, berlutut di lantai lalu bengkokkan jari-jemari kaki sehingga hanya dasar-dasarnya yang menyentuh lantai, kemudian duduklah di atas tumit Anda (telapak kaki tidak menyentuh lantai kecuali bagian bawah jari-jemari tadi).

 

Perlahan, angkat kedua lutut Anda dari lantai dan tumpukan berat badan ke depan sehingga berat Anda kini bertumpu pada jari-jemari kaki. Pose ini memang tidak nyaman pada awalnya, dan jika Anda terbiasa memakai sepatu hak tinggi, pose ini mungkin menyakitkan. Akan tetapi, setiap Anda merasakan titik yang paling nyeri, tumpukan berat Anda ke titik tersebut untuk melonggarkannya. Tetaplah dalam posisi ini selama yang Anda bisa.

 

 

  • Foot Cross.

[youtube video_id=”IObPiYNyZFw” placeholder=”no” ]

Pose foot cross ini dapat melancarkan aliran energi yang dimulai dari bagian bawah telapak kaki. Caranya, duduklah dengan kaki terlipat di bawah tubuh, dan letakkan kaki kanan melintang di tengah-tengah kaki kiri. Tempatkan titik yang tulangnya paling menonjol di bagian atas kaki kanan ke sisi luar kaki kiri, sehingga sebagian kaki kanan akan menggantung di luar kaki kiri. Duduklah di tumit dan rasakan sensasi menjalar dari kaki kiri hingga ke atas tubuh.

 

Gunakan berat tubuh untuk menekan kaki kaki kanan dengan lembut (Anda bisa bereksperimen dengan macam-macam titik penekanan). Ganti kaki dan lakukan hal yang sama, lalu duduk dalam posisi bersila dan coba rasakan perubahan di tubuh Anda.

 

Lakukan secara rutin dan rasakan bedanya di sistem pencernaan Anda.