Peregangan Yoga untuk Menghilangkan Stres pada Bahu

Dalam keseharian kita pastinya tubuh senantiasa melakukan berbagai gerakan mulai dari duduk, mengetik, mengemudi, ataupun berbagai aktivitas lainnya yang bisa memberikan pengaruh terhadap tubuh kita. Tentu saja, tubuh kita tidak dirancang untuk melakukan suatu aktivitas yang sama dalam waktu yang berkelanjutan karena hal ini bisa menimbulkan stress pada tubuh. Oleh karena itu, tubuh perlu melakukan pembebasan dan keseimbangan untuk mengatasi beberapa kecenderungan gerakan ataupun aktivitas yang dilakukan.

 

Banyak masalah yang bisa ditimbulkan ketika kita melakukan berbagai kebiasaan ataupun kecenderungan terhadap suatu gerakan seperti masalah punggung, bahu, dada, ataupun leher menjadi beberapa masalah yang sangat umum terjadi. Dalam kondisi yang demikian, kita sangat perlu untuk melakukan peregangan dan penyegaran yang sangat berguna baik untuk tubuh ataupun pikiran kita. Dalam senam yoga, Anda bisa menemukan dua jenis peregangan yang bisa menggabungkan antara fleksibilitas dan pengobatan Cina yang bertujuan untuk membantu melepaskan stress dan ketegangan yang memang tidak diperlukan oleh tubuh. Tujuan dari gerakan dan pose yoga tersebut terfokus pada usus dan garis meridian paru yang mana hal ini sama seperti pengobatan akupunktur yang menggunakan jarum di titik meridian yang berguna untuk membersihkan penyumbatan energi. Peregangan yoga berikut ini untuk membantu meningkatkan mobilitas serta mengurangi stress dan sesak di beberapa bagian tubuh.

 

Peregangan yoga – Eagle Arms atau Large Intestine Meridian

peregangan yoga

Untuk melakukan pose ini adalah dengan berdiri tegak, luruskan lengan setinggi bahu di depan. Selanjutnya, silangkan siku kanan atau kiri dan tekuk lengan pada siku sehingga lengan Anda berada di depan wajah. Tekan telapak tangan ke dalam satu dengan yang lainnya kemudian tekan lengan dari satu ke lainnya juga. Selanjutnya, tahan lengan kanan ke dalam lengan kiri dan selanjutnya atur gerakan kebalikannya. Gantilah gerakan siku ke atas dan ke bawah, gapai lengan menjauh dari tubuh dan kembali lagi ataupun dengan membuat gerakan memutar dengan menggunakan siku. Kembangkan gerakan yang terpenting adalah gerakan tersebut bisa menjadi salah satu teknik memijat bagian leher dan bahu. Untuk selanjutnya, posisikan kembali pada posisi awal dan memulainya dengan gerakan menggunakan lengan kiri di bagian atas. Tidak lupa, sebaiknya berikan jeda antara dua sisi untuk mengamati apakah terdapat efek dari peregangan aktif. Peregangan Eagle Arms ini mengurangi ketegangan dan stress di bagian leher dan bahu. Selain itu, secara psikologis, peregangan ini juga bisa membantu meningkatkan ketenangan.

 

Peregangan Yoga – Wall Pectoral Stretch

peregangan yoga

Dalam melakukan peregangan ini, bisa memulai dengan posisi berdiri dengan lengan berada di depan dinding. Selanjutnya, tempatkan tangan kiri di dinding dengan posisi setinggi bahu,jauhkan tangan dari dinding dan putar tubuh Anda sehingga akan menghadap ke kanan. Anda sebaiknya juga menekan tangan kiri ke dinding saat berjalan ke depan dan ke arah dinding. Ulangi gerakan ini sekurangnya lima kali untuk masing-masing sisi baik kanan ataupun kiri. Saat Anda akan mengganti posisi tangan, sebaiknya berikan jeda untuk merasakan bagaimana efek dari gerakan tersebut. peregangan ini bisa bertujuan untuk melepaskan ketegangan fisik di bagian dada terutama untuk meningkatkan kesehatan paru-paru serta daya tahan tubuh secara menyeluruh.

 

Dengan melakukan dua peregangan yoga tersebut bisa meningkatkan keseimbangan yang mana hal ini bisa memberikan pengaruh satu sama lainnya. Peregangan ini juga tidak hanya memberikan manfaat bagi tubuh secara fisik tetapi juga psikologis, emosional, dan spiritual. Dengan melakukan eksplorasi gerakan dan pose yoga secara dinamis melalui peregangan, kita bisa mendapatkan hubungan dan keseimbangan semua bagian yang berbeda secara menyeluruh. Jadi, melakukan peregangan tentu sangat penting untuk tubuh.