Merawat Tulang Belakang dengan Gerakan Yoga Twist

Apabila dilakukan dengan benar, yoga twist dapat memberikan banyak keuntungan bagi fisik dan emosi seseorang.

By Claudia Cummins

 

merawat tulang belakang - yoga twistEfek gerakan yoga twist dapat menembus ke dalam pusat tubuh, memberikan keuntungan luar biasa terhadap otot dan organ di daerah torso (dada, punggung dan perut). Melatih gerakan yoga ini secara reguler dapat memberikan kelenturan di tulang punggung (spine) dan kesegaran ke seluruh badan.

Seperti postur yoga lainnya, yoga twist dapat dilatih dengan hati-hati seperti yang diutarakan dibawah ini…

 

Panjangkan Tulang Punggung Sebelum Melakukan Yoga Twist

Untuk memberikan keleluasaan pada gerakan, coba untuk berlatih memanjangkan tulang punggung dengan mengadah kepala keatas dan kebawah. Coba rasakan efek gerakan ini sampai pada ujung tulang ekor.

 

Perhatikan nafas dan sesuaikan gerakan.

Karena yoga twist akan menekan bagian diafragma, hal ini akan menyebabkan sukar untuk bernafas. Tetapi ada beberapa cara solusinya. Salah satunya adalah ketika menarik nafas, usahakan untuk memanjangkan tulang punggung, dan ketika membuang nafas kita melakukan twisting. Anda bisa berhenti sebentar dan ulang untuk memanjangkan tulang punggung sewaktu tarik nafas, dan kemudian rotasi /twist badan pada waktu buang nafas. Ulangi hal ini beberapa kali sampai anda merasakan efeknya asana ini.

 

Usahakan tulang punggung bawah dalam posisi stabil

Usahakan tulang punggung dalam posisi yang stabil ketika menggerakan bagian atas tubuh. Untuk menghindari cedera ketika melakukan twisting, beberapa bagian tubuh harus benar-benar stabil (contoh spt pelvis, punggung bawah dan bagian leher). Yang penting diingat, sewaktu melakukan twisting jangan sampai berlebihan.

 

Latihlah secara bergantian untuk tiap sisi.

Anda harus melakukan latihan ini secara bergantian untuk tiap sisi tubuh. Hal ini disebabkan karena gerakan yoga twisting untuk tubuh yang simetris.

 

Berhati-hatilah….

Berhati-hatilah apabila me-kombinasi gerakan yoga twist dengan forward bends. Untuk beberapa kasus, gerakan kombinasi ini akan memberikan tekanan yang besar pada punggung. Apabila Anda mengetahui mempunyai sakit punggung bagian bawah , Anda harus bertanya pada guru yoga yang berpengalaman untuk melakukannya.

 

Rasakan nikmatnya setelah melakukan yoga twist

Setelah melakukan yoga twisting, tubuh akan terasa segar dan rasa cape akan hilang. Melakukan twist seperti melakukan pemerasan pakaian yang di plintir, tetapi hal ini dilakukan pada tubuh.