Mengenal Seluk Beluk Vinyasa Yoga

[vc_row][vc_column][vc_column_text]

Dari berbagai jenis kelas yoga yang ditawarkan di jaman modern ini, kelas vinyasa yoga termasuk yang paling populer karena menyerupai tarian yang diserasikan. Dalam bahasa Sansekerta, vinyasa berarti ‘variasi’ dan melibatkan serangkaian gerakan yang pergantiannya disesuaikan dengan ritme napas sehingga menjadi serangkaian aliran halus. Karena itu, yoga ini disebut juga Flow Yoga. Secara tradisi, vinyasa yoga dikembangkan dari ashtanga yoga yang menekankan pada postur serta pernapasan. Orang yang mempopulerkannya pertama kali adalah Sri Trimala Krishnamacharya, yogi dari India Selatan, serta muridnya, Sri Parrabhi Jois.

 

 

 

yoga_classVinyasa yoga memberikan berbagai manfaat kesehatan sekaligus rasa senang dari melakukan berbagai gerakan yang mirip tarian. Dalam yoga ini, tiap perubahan gerakan disesuaikan dengan ritme menarik dan menghembuskan napas. Karena fungsinya sebagai penanda pergantian gerakan, napas pun menjadi penting. Pada umumnya, gerakan yang mengarah ke atas diiringi tarikan napas, sedangkan yang ke bawah dengan hembusan napas. Pola yoga seperti ini pun dianggap sangat baik untuk fungsi kardiovaskular, meningkatkan kekuatan serta kelenturan otot, serta bisa mengurangi stres. Uniknya lagi, kelas-kelas vinyasa yoga biasanya tidak terlalu mementingkan urutan gerak dan postur yang kaku. Anda bisa melakukan urutan gerakan yang bagaimanapun selama itu nyaman. Mulanya mungkin susah, tetapi seiring waktu, ini akan terasa mudah dan menyenangkan.

 

 

Vinyasa yoga bisa dilakukan di rumah, tetapi anda yang baru mau belajar untuk pertama kali disarankan untuk ikut kelas dulu demi memelajari postur dan teknik bernapas yang benar. Sesi latihan vinyasa yoga biasanya dimulai dengan suryanamaskaram, atau sun salutation pose. Kemudian, anda akan dibimbing melalui serangkaian gerakan pembuka sebagai pemanasan, sekaligus mempersiapkan anda untuk melakukan pose tingkat lanjut. Akhirnya, anda bisa lanjut ke pola gerakan yang lebih maju dan frekuensinya lebih cepat hingga anda berkeringat. Selain memberi efek relaksasi, ini juga baik untuk menyingkirkan toksin dari dalam tubuh. Kesimpulannya, berlatih vinyasa yoga secara teratur bisa membuat anda lebih kuat, sehat, fleksibel, waspada dan tidak stres.

 

[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column width=”1/1″][vc_text_separator title=”Related Articles” title_align=”separator_align_center” align=”align_center” color=”grey” border_width=”5″][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column width=”1/1″][vc_basic_grid post_type=”post” max_items=”3″ style=”all” items_per_page=”10″ show_filter=”” element_width=”4″ gap=”30″ orderby=”rand” order=”DESC” filter_source=”category” filter_style=”default” filter_align=”center” filter_color=”grey” filter_size=”md” button_style=”rounded” button_color=”blue” button_size=”md” arrows_design=”none” arrows_position=”inside” arrows_color=”blue” paging_design=”radio_dots” paging_color=”grey” loop=”” autoplay=”-1″ item=”none” grid_id=”vc_gid:1437552583391-d1affc40-1d2f-7″][/vc_column][/vc_row]