Manfaat Yoga – Simak 5 Posisi Praktis Yoga

Saat ini ada begitu banyak Yoga Asana yang semuanya diklaim mampu memberikan berbagai manfaat. Akan tetapi, bagi masyarakat modern yang mayoritas tidak memiliki cukup banyak waktu, maka hanya ada 5 posisi Yoga yang bisa dipraktekkan dan benar – benar bisa memberikan manfaat bagi tubuh menurut para ahli, yaitu:

 

Cat / Cow Pose

cat/cow pose

Letakkan kedua tangan berada di bawah bahu dan kedua lutut di bawah pinggul dengan kemiringan 90 derajat. Tarik nafas dalam secara perlahan dan tahan posisi sembari angkat wajah (cow pose). Ketika menghembuskan nafas, tekan tangan ke lantai. Tekan bagian pinggul dan perut ke bawah hingga membentuk cekungan pada punggung (cat pose). Ulangi latihan ini dua hingga tiga menit dengan variasi mempercepat tarikan nafas.

 

Downward Facing Dog

downward facing dog

Posisikan kedua tangan Anda selebar bahu. Tempatkan kaki selebar pinggul. Angkat pinggul hingga mencapai sudut kira – kira 60 derajat. Letakkan buku – buku jari ke lantai. Luruskan lengan dan kedua lutut. Tekuk lutut sedikit namun dengan posisi tumit tetap berada di lantai. Angkat tulang ekor setinggi mungkin kemudian kembali. Tahan posisi tersebut selama 10 tarikan nafas.

 

Triangle Stance

Triangle Stance

Dari posisi lunge stance, putar turun tumit. Jaga posisi jari – jari kaki pada sudut 60 derajat ke depan. Tumpukan tubuh pada telapak kaki bagian luar serta tulang kering. Rentangkan lengan ke atas lurus. Pastikan kaki berada dalam posisi lurus. Putar paha depan dan posisikan sedikit kaki belakang. Tahan posisi tersebut selama 5 hingga 10 tarikan nafas kemudian ulangi dengan sisi yang berbeda.

 

Forward Hang

foward hang

Posisikan kaki selebar pinggul. Bungkukkan badan hingga wajah mendekati lutut. Satukan tangan di belakang punggung dengan ikatan jari – jemari. Lepaskan tangan yang terjalin ke depan atau ke bagian atas kepala. Tekuk kedua lutut sedikit. Tahan posisi tersebut selama 10 kali tarikan nafas.

 

Pigeon Pose

pigeon pose

Letakkan dahi Anda ke depan dengan salah satu lutut dilipat ke depan kemudian dilipat di bawah perut. Rentangkan kaki yang lain ke belakang lurus. Untuk memberi kenyamanan gunakan alas. Bungkukkan tubuh ke depan hingga dada dan wajah hampir mencapai lantai. Tahan wajah dengan kedua tangan, tahan posisi selama 10 kali tarikan nafas kemudian ganti dengan sisi yang lain.

 

Kelima posisi yoga di atas bisa dikatakan sebagai yang paling sederhana namun juga yang paling memberikan manfaat lengkap. Dengan latihan rutin dan cara yang benar, maka manfaat bisa Anda dapatkan tanpa harus mempelajari atau mempraktekkan posisi – posisi yang sulit. Jadi, jika Anda memang membutuhkan bentuk latihan yoga yang mudah namun bermanfaat, bentuk latihan di atas dapat dijadikan referensi

 

 

Ditulis oleh:

chloe carnaghanChloe Carnaghan

Chloe Kernaghan is a co-owner of SKY TING YOGA in NYC. She teaches private and group classes around the city, has led yoga retreats around the world, as well as mentored many teacher training and mentorship programs at studios. Her practice is a blend of Katonah Yoga, as mentored by Nevine Michaan and Abbie Galvin, and a Vinyasa practice.