Manfaat Yoga Dapat Membantu Melawan Osteoarthritis?!

osteoarthritis

Ternyata tidak sulit untuk mencegah osteoarthritis. Anda bisa melakukannya dengan bantuan yoga. Ini adalah salah satu manfaat yoga yang jarang orang ketahui!

Mungkin banyak yang belum tahu apa itu osteoarthritis dan bagaimana gejalanya. Well, gejala osteoarthritis yang paling umum adalah nyeri atau kaku pada sendi. Gangguan ini umumnya mulai dirasakan seiring bertambahnya usia.

Berita baiknya adalah meski usia semakin hari bertambah, namun Anda dapat melawan osteoarthritis dengan bantuan yoga. Hal ini tidak mustahil, mengingat salah satu manfaat yoga adalah menjaga sendi tetap fleksibel.

Penyebab Arthritis

sakit lutut

Sebelum membahas manfaat yoga sebagai solusinya, ada baiknya kita memahami lebih dulu penyebab arthritis. Kata “arthritis” sendiri digunakan untuk menggambarkan lebih dari 100 jenis penyakit sendi dan sistem muskuloskeletal.

Nah dari sekian banyak jenis, osteorarthritis merupakan kasus paling umum. Gangguan sendi ini disebabkan oleh rusaknya kartilago, bantalan tulang sendi. Saat kartilago rusak, tulang otomatis saling bergesekan satu sama lain sehingga menimbulkan rasa sakit.

Nyeri semacam ini kerapkali membuat penderitanya malas bergerak. Padahal bergerak aktif merupakan kunci utama agar sendi tetap fleksibel dan bebas nyeri.

Karenanya olahraga rutin sangat penting untuk mempertahankan dan memperbaiki fungsi sendi. Olahraga membantu menguatkan otot sekitar sendi sehingga sendi yang rusak tetap terlindungi.

Namun jenis olahraga pada umumnya mungkin terlalu sulit dilakukan penderita osteoarthritis. Oleh sebab itu, penderitanya diimbau memilih senam low-impact atau yoga untuk melawan osteoarthritis.

Manfaat Yoga Untuk Osteoarthritis

manfaat yoga

Pertanyaannya sekarang, bagaimana cara yoga membantu melawan osteoarthritis?! Seperti kita ketahui bersama, salah satu manfaat yoga adalah memperbaiki serta meningkatkan kekuatan, fleksibelitas, keseimbangan, serta mengatasi stres.

Bantuan yoga juga membuat seseorang lebih aware dengan kondisi tubuhnya, yang mana ini dapat meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Berbagai penelitian juga menunjukkan penderita osteoarthritis yang rutin berlatih yoga mengaku merasa lebih baik. Bahkan tak sedikit pula dokter yang menggunakan yoga sebagai alternatif perawatan penyakit sendi tersebut. Dan ternyata kunyit mempunyai manfaat yang sangat baik bagi arthritis dan sakit sendi (joint pain). Baca artikel nya – turmeric benefits (manfaat kunyit).

Teknik Pernafasan

manfaat yoga

Faktanya, melakukan teknik pernafasan relaksasi ketika sedang kesakitan bisa sangat membantu, khususnya bila pose tertentu dirasa cukup menantang. Selain itu, bernafas dalam-dalam juga ampuh meredakan stres.

Gerakan Yoga

yoga for knee pain

Beragam pose yoga tak hanya menguatkan serta melenturkan sendi. Anda juga bisa belajar soal bagaimana postur tubuh yang baik itu, dan ini bisa meredakan nyeri akibat postur yang kurang tepat.

Yang perlu dicamkan saat melakukan pose yoga adalah semuanya bisa dimodifikasi. Lakukan itu kalau ingin meminimalisir tekanan atau nyeri. Ingat, yoga itu bersifat personal dan tidak seharusnya menimbulkan rasa sakit.

Relaksasi dan Meditasi

manfaat yoga

Nah bagian yang satu ini juga tak boleh diabaikan. Teknik relaksasi dan meditasi dalam yoga tak hanya penting untuk mengurangi stres, tapi juga meningkatkan awareness sekaligus memutar-balikkan kecenderungan otot tegang akibat stres.

Sebagai pesan terakhir, ingatlah untuk selalu mendengarkan tubuh Anda, dan minumlah cukup air agar tubuh tetap terhidrasi. Jadi meski mengidap osteoarthritis, tetaplah semangat untuk berolahraga melalui bantuan yoga. Dengan begitu kondisi sendi bisa jadi membaik nantinya.