Manfaat Yoga Bagi Anak anak

Yoga merupakan olahraga ‘orang dewasa’, demikian persepsi yang muncul di benak pecinta yoga selama ini. Jika diperhatikan, sanggar-sanggar yoga memang banyak diisi oleh mereka yang berumur 25 tahun ke atas, termasuk para manula dan ibu hamil. Padahal manfaat yoga sebenarnya tidak saja bisa dipetik oleh mereka yang sudah terkategori dewasa, namun justru juga bisa berdampak positif bagi mereka yang masih remaja ke bawah, termasuk anak-anak.

 

tidak bisa didapat oleh mereka yang berusia dini. Yoga bisa membentuk karakter dan mengarahkan perkembangan emosional anak hingga mereka dewasa. Dampak jangka panjang apabila seseorang mulai berlatih yoga sejak kecil adalah sel-sel saraf mereka selalu dalama keadaan terbarukan. Dalam istilah medis, disebut neuroplasticity. Pergantian sel sehingga selalu ‘muda’ membuat anak akan lebih produktif dan kreatif saat bekerja. Mengapa bisa demikian? Karena yoga merupakan latihan olah tubuh yang membuat seluruh sel diaktifkan. Berbeda dengan olahraga fisik biasa, dalam yoga juga ada teknik pernafasan yang memungkinkan optimalisasi oksigen masuk ke dalam darah. Oksigen inilah yang menjadi pemacu sel untuk berganti dan mempertahankan efek neuroplasticity.

 

manfaat yoga bagi anakYoga untuk anak memang berbeda dengan yoga dewasa. Meski demikian, manfaat yoga tetap sama, yaitu memberikan kesehatan fisik dan batin secara bersama. Khusus untuk anak-anak, metodenya lebih mengarah pada sentuhan pribadi (personal touch). Instruktur yoga anak biasanya menciptakan hubungan pribadi dengan murid-muridnya. Apalagi kalau yang diajarkan adalah anak-anak berkebutuhan khusus seperti autis. Seorang pelatih yoga menempatkan dirinya sebagai teman dari anak didiknya. Inilah yang membedakannya dengan pelatih yoga dewasa.

 

Kapankah seorang anak sudah mulai bisa belajar yoga? Menurut penelitian, usia tiga tahun sebenarnya sudah bisa diajak latihan dasar. Setelah itu, manfaat yoga sudah bisa dirasakan jika anak konsisten melakukannya selama setengah tahun.  Tentunya manfaat tersebut akan kembali nol jika tidak disipilin berlatih. Yoga seperti keterampilan yang diajarkan kepada anak. Bedanya, ‘keterampilan’ tersebut berdampak pada perkembangan jiwa dan mental mereka sehingga bisa tumbuh dewasa dengan kualitas kepribadian yang matang.

 

Sedikitnya ada lima manfaat yoga untuk anak. Pertama, yoga bisa membantu anak untuk meningkatkan rasa percaya diri dan rasa menghargai diri sendiri. Kedua, olahraga ini juga membuat pikiran dan tubuh bisa terkoneksi dengan kuat dan saling berhubungan. Seperti diketahui, banyak orang dewasa yang terlihat seolah-olah antara pikiran dan tubuhnya berlawanan, terutama saat menghadapi situasi sulit. Misalnya, ketika berusaha menenangkan pikiran yang terjadi tubuh semakin keringat dingin karena gugup. Yoga yang dilakukan sejak dini membantu orang dewasa menghadapi hal-hal tersebut.

 

Manfaat yoga lain buat anak adalah meningkatkan konsentrasi. Anak akan belajar fokus dan berkonsentrasi terhadap apa yang sedang dikerjakan. Ini adalah modal penting saat mereka sudah beranjak dewasa dan memasuki dunia bisnis atau kerja. Fokus adalah kunci kesuksesan hidup.

So, sudahkah anak Anda ikut kelas yoga?

Tags: