Manfaat Olahraga Renang Sehabis Melahirkan

olahraga renang

Olahraga renang bagi Anda yang habis melahirkan merupakan salah satu pilihan olahraga yang sangat tepat untuk menjaga kebugaran dan kesehatan Anda. Kesehatan sang ibu akan menjadi hal yang terpenting karena akan sangat berpengaruh pada kondisi kesehatan sang anak.

Dengan melakukan olahraga renang secara rutin, Anda dengan mudah akan mendapatkan kesehatan tubuh dan kondisi yang prima untuk mengasuh bayi Anda, Tidak hanya sehat saja yang bisa diperoleh hanya dengan melakukan olahraga renang. Olahraga renang mempunyai manfaat lain terutama bagi ibu-ibu yang habis melahirkan seperti Anda.

Berikut adalah beberapa manfaat olahraga renang bagi ibu-ibu yang habis melahirkan:

Untuk Menurunkan Tekanan Darah

Salah satu manfaat lain dari berenang adalah sangat efektif untuk menurunkan tekanan darah pada seseorang. seseorang yang mempunyai hobi berenang akan berdampak baik bagi tekanan darahnya. Hanya dengan melakukan olahraga renang selama 3 bulan, tekanan darah seseorang akan mengalami penurunan secara drastis sebesar 9 poin.

Level tekanan darah 140/90mm tergolong sebagai tekanan darah tinggi. Sedangkan level diatara angka 120/80mm dan 140/90mm bisa dikategorikan sebagai level pra hipertensi. Berenang, menurut sebuah penelitian di US, mampu meningkatkan kinerja pembuluh darah serta menahan laju/ kecepatan tekanan darah pada orang dewasa.

Hal ini tentu membawa kabar baik bagi para ibu muda yang baru saja melahirkan bayinya karena para ibu pasca melahirkan sangat rentan terkena penyakit tekanan darah tinggi. Dengan demikian, berenang bisa menjadi sebuah solusi untuk para ibu yang memang megidap tekanan darah tinggi pasca melahirkan.

Untuk Menurunkan Berat Badan Paska Melahirkan

Pada umumnya para ibu muda akan sangat mempermasalhkan bentuk tubuh mereka pasca melahirkan. Bentuk tubuh yang kurang ideal (gemuk) menjadi masalah utama bagi mereka. Berbagai cara telah dilakukan namun terkadanf hasilnya kurang baik.

Meminum obat pelangsing tubuh, misalnya, selain kurang efektif, cara instan ini juga dinilai kurang baik untuk kesehatan snag ibu. Terlebih lagi kesehatan sang ibu harus dijaga selama mereka masih menyusui bayinya. Karena kesehatan para ibu sangat penting dan diperlukan oleh bayi mereka, sebaiknya pilihlah cara sehat dan aman untuk bisa tampil langsing kembali pasca melahirkan.

Salah satu cara aman dan sehat agar badan langsing dan ideal pasca melahirkan adalah dengan cara berolahraga seperti berenang. Gerakan olahraga yang membutuhkan energi yang banyak tentu akan berimbas pada jumlah kalori yang dibakar.

Semua persendian, tulang, dan otot akan bergerak sehingga proses metabolisme pada tubuh akan berjalan maksimal. Hasilnya adalah energi akan dilepaskan secara maksimal dan lemak yang bterbakar pun berjumlah banyak.