Latihan Yoga Sebagai Obat Alergi Alami

[vc_row][vc_column][vc_column_text]Seperti diketahui, yoga merupakan olahraga yang bisa mengurangi stress, menyembuhkan gejala penyakit, meningkatkan daya tahan tubuh serta bisa membuat organ-organ tubuh yang sudah menurun fungsinya menjadi lebih optimal lagi. Namun tidak banyak tahu bahwa selain bermanfaat untuk hal-hal tersebut, gerakan yoga juga efektif sebagai obat alergi bagi yang melakukannya secara konsisten.

 

 

obat alergiMenurut ahli imunologi, Gailen D. Marshall Jr, MD, PhD, yoga sangat direkomendasikan sebagai obat alergi yang cukup efektif dan terbukti berhasil untuk pasien-pasiennya.  Riset yang diadakan pada tahun 2010 menyimpulkan bahwa berlatih yoga secara teratur bisa mengurangi peradangan dalam tubuh.  Dalam ilmu kedokteran, peradangan bisa disebabkan karena faktor stress yang bisa memperburuk alergi yang sudah ada sebelumnya. Penelitian ini seolah mengkonfirmasikan hasil riset sebelumnya pada tahun 2008 bahwa pernafasan dalam yoga bisa meningkatkan relaksasi pada tubuh yang otomatis berpengaruh terhadap pengurangan tingkat ketegangan/stress.

 

 

Bagaimana cara bernafas yang efektif dalam gerakan yoga? Salah satunya adalah pernafasan hidung. Tutuplah lubang hidung sebelah kanan dan tarik nafas melalu lubang kiri sebanyak sepuluh hitungan. Tahan nafas selama lima detik untuk kemudian menutup hidung sebelah kiri dan menghembuskannya melalui lubang kanan selama sepuluh hitungan juga. Tarik napas melalui lubang hidung sebelah kanan dan tahan selama lima detik. Tutup lubang hidung sebelah kanan lagi dan menghembuskan napas melalui kiri. Lakukan tiga putaran. Ini bisa menjadi obat alergi alami tanpa harus mengkonsumsi zat kimiawi.

 

 

Setelah itu lakukan pose Downward-Facing Dog.  Posisi ini bagi para penderita sinus akan membuat rasa sakit karena tekanannya, namun sebenarnya bisa membantu melancarkan lendir yang terjebak dalam saluran hidung. Caranya dengan mulai merangkak menggunakan tangan di bahu dengan mengangkat bagian bawah tubuh. Lutut yang sedikit bengkok tidak menjadi masalah karena tidak semua bisa meluruskan lutut pada saat melakukan pose ini. Hal terpenting adalah tangan dan kaki harus ditekan kuat ke lantai sambil menghirup dan menghembuskan nafas dalam lima hitungan. Lakukan repetisi sebanyak lima kali sebelum berdiri. Bagi yang alergi terhadap udara dan memiliki gangguan pada hidung, bisa melakukan terapi melalui gerakan yoga ini.[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column width=”1/1″][vc_text_separator title=”Related Articles” title_align=”separator_align_center” align=”align_center” color=”grey” border_width=”5″][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column width=”1/1″][vc_basic_grid post_type=”post” max_items=”3″ style=”all” items_per_page=”10″ show_filter=”” element_width=”4″ gap=”30″ orderby=”rand” order=”DESC” filter_source=”category” filter_style=”default” filter_align=”center” filter_color=”grey” filter_size=”md” button_style=”rounded” button_color=”blue” button_size=”md” arrows_design=”none” arrows_position=”inside” arrows_color=”blue” paging_design=”radio_dots” paging_color=”grey” loop=”” autoplay=”-1″ item=”none” grid_id=”vc_gid:1436592558835-fc52e067-dbac-6″][/vc_column][/vc_row]