memulai latihan YOGA, Peralatan apa yang dibutuhkan?

Latihan yoga membutuhkan peralatan yang sederhana. Dengan mendapatkan peralatan yang tepat, anda akan mempunyai pengalaman latihan yang menyenangkan dan bermanfaat.

Beberapa rekomendasi peralatan yoga (yoga props) yang harus dipunyai bisa dilihat dibawah ini:

Yoga Mat
Yoga mat adalah bentuk dari “yoga props” yang harus dipunyai oleh praktisi. Banyak studio yoga menyediakan yoga mat, tetapi dengan kualitas yang sederhana. Maka itu, apabila anda ingin latihan yoga dengan reguler, ada baiknya mempunyai yoga mat yang berkualitas, dengan alasan hygienis (yoga mat yang ada di studio bercampur dengan keringat orang lain) dan dengan mempunyai yoga mat pribadi, anda dapat berlatih di rumah. Anda dapat memilih “natural yoga mat”, yaitu yoga mat yang terbuat dari 100% bahan karet (rubber). Yoga mat ini sering juga disebut”eco friendly yoga mat” ” karena tidak mencemari lingkungan dengan sifat 100% bio-degradable.

Tortue Balance Yoga Mat 5.5mm dari German, bahan dari PVC, dan mempunyai harga yang bersahabat dibanding dengan manduka PRO 6mm. Yoga mat ini sangat awet, dan dapat sebagai teman latihan yoga selama bertahun-tahun.

Yoga Block

Yoga Block akan membantu menyempurnakan posisi yoga dengan memberikan elevasi pada alas, sebagai contoh pada posisi Half Moon pose.  Bisa juga untuk menganjal kepada pada posisi Downward Facing Dog Pose.  Ukuran block standard adalah persegi panjang, tetapi anda dapat juga menemukan dengan bentuk bulat atau ergonomic-tear drop. Bahan block dapat dibuat dengan kayu, bambu, cork (gabus) atau busa.

memulai latihan YOGA, Peralatan apa yang dibutuhkan? 1
Cork Block

Cork dan busa adalah block yang memberikan kenyamanan maksimum untuk menganjal  tubuh bagian belakang dan bahu. Bahan kayu dan bambu akan memberikan rasa nyaman di telapak tangan dengan posisi Standing Forward Bend.

Mulailah memiliki peralatan yoga yang lengkap untuk me-maksimalkan latihan yoga Anda…

Strap
Yoga Strap digunakan untuk meraih bagian badan  yang belum dapat disentuh pada suatu posisi yoga.  Contohnya adalah untuk membantu meraih jari kaki pada posisi Hand-to-Big-Toe pose. Bahan cotton biasanya material yang dipakai.

latihan yoga dengan strap
Yoga Strap

Manduka mempunyai berbagai macam warna strap dan dilengkapi oleh buckle yang kuat dan kokoh. Design diambil dari guru besar Iyengar. Strap yoga dari Easyoga mempunyai 2 fungsi, bisa sebagai mat carrying dan sebagai yoga strap.

Blanket
Yoga Blanket memberikan bantalan kepada bagian bawah lutut dan pinggang, dan dapat juga dilipat untuk menganjal bahu pada posisi Shoulderstand. Blanket juga memberikan kehangatan pada bagian final/istirahat di Savasana. Biasanya yoga blanket terbuat dari bahan katun. wol atau material lainnya. Yang penting untuk dipilih adalah material yang non-slip, kuat dan tidak menimbulkan gatal pada kulit.

Bolster
Yoga Bolster digunakan untuk mendukungj pose reclining seperti Supta Virasana (Reclining Hero Pose). Bolster mempunyai beberapa bentuk , tetapi yang biasanya dipakai yang berbentuk cylinder. Carilah bolster yang covernya dapat dicuci.

latihan yoga dengan bolster
Bolster